oleh

Kedepan Kewaspadaan Bangsa Ini Adalah Siber, Biologis dan Kesenjangan

Citrust.id – Kejahatan Siber, biologis, dan kesenjanggan merupakan ancaman yang sekarang menjadi berbahaya yang harus diwaspadai yang sedang mengintai keamanan dan pertahanan bangsa ini.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melihat bahwa siber, biologi, dan kesenjangan merupakan ancaman yang paling nyata dan perlu dilakukan kewaspadaan terhadap persoalan itu. “bahwa siber, biologi dan kesenjangan merupakan ancaman yang harus di waspadai, karena pada era distrupsi saat ini, meskipun ketiganya berbeda ranah akan tetapi saling menunjang, seperti siber dan biologi merupakan akar persoalan dengan paham kekecewaan sehingga munculnya sikap yang berorentasi kepada populisme, ektrimis dan radikalisme ditambah dengan kesenjagan yang teraktualisasikan”, katanya dalam pembekalan rapat Gubenur Seluruh Indonesia (07/02/2018) dilansir Antara.

Lanjutnya lagi, “Semakin besar kesenjangan itu terjadi, akan semakin tumbuh subur berbagai paham kekecewaan tersebut, yang berusaha mendeligitimasi kekuasaan pemerintah yang sah melalui cara-cara yang cenderung bersifat inkonstitusional,” jelasnya. Panglima TNI menjelaskan bahwa perkembangan teknologi siber bisa menciptakan lonewolf (sebutan pelaku aksi teror seorang diri). Dengan kemajuan teknologi, sangat mudah memprofilling seseorang. Kemudian orang itu akan dibina secara online dan ancamannya menjadi lonewolf atau menjadi serigala-serigala tunggal yang siap melakukan teror.
“Melalui jaringan teknologi itu, para lonewolf bisa merancang sendiri senjata untuk melakukan aksi teror. Apalagi dengan perkembangan sekarang, aktivisual intelejen bisa membuat apapun. Ini adalah ancaman siber,” ujarnya. /SW

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed