oleh

Inilah Programmer Paling Berpengaruh di Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Programmer adalah seseorang yang bekerja membuat atau memodifikasi bahasa pemrograman. Apapun bahasa pemrograman yang dihasilkan oleh para programmer tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan teknologi komputer saat ini. Di dunia ini terdapat beberapa programmer dinilai cukup berpengaruh bagi kemajuan berkat bahasa pemrograman yang mereka ciptakan. Siapa saja orangnya?

  1. Dennis Ritchie. Pria dengan nama panjang Dennis McAlistair Ritchie ini merupakan pria kebangsaan Amerika yang bekerja sebagai ilmuwan komputer. Dirinya telah dianggap sebagai salah satu programmer yang paling berpengaruh di dunia. Pria inilah yang membuat bahasa pemrograman C yang saat ini telah banyak digunakan oleh orang sebagai bahasa dasar untuk membuat program. Selain membuat pahasa pemrograman C, Ritchie juga membuat operasi sistem yang dinamakan UNIX. Berkat hasil kerja kerasnya tersebut, dirinya mendapatkan banyak penghargaan international.
  2. Bjarne Stroustrup. Sorang programmer asal Denmark ini merupakan orang yang diberi kredit atas usahanya dalam mengembangkan bahasa C buatan Dennis Ritchie. Hasil kembangannya kini telah banyak digunakan di dunia komputer dan diberi nama dengan C++. Yang mengagumkan adalah pahasa pemrograman C++ itu ia kembangkan sendiri tanpa bantuan orang lain. Sekarang ini Stoustrup bekerja sebagai profesor dan pemilik dari College of Engineering Chair in Computer Science di Texas A&M University.
  3. Linus Torvalds. Linus Torvalds adalah seorang pria keturunan Finlandia-Amerika yang berprofesi sebagai software engineering. Pria inilah yang berperan penting dalam pengembangan Linux Kernal. Kemudian dirinya berprofesi sebagai kepala arsitek dari Linux Kernal dan berperan sebagai koordinator projek. Di tahun 2012, dirinya bersama Shinya Yamanaka secara terhormat diberi penghargaan Millennium Technology Prize oleh Technology Academy Finland berkat kreasinya dalam membuat operasi sistem yang bersifat open source. (Net/CT)

Komentar