oleh

Hj Wahyu Sunjaya Berikan Santunan kepada Dua Lansia

Cirebontrust.com – Nenek Manis (99) dan nenek Saera (70) mendapatkan bantuan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, berupa sembako, Rabu (29/03), di kediaman mereka di Desa Sutawinangun, Kecamatan Kedawung.

Kedua warga lanjut usia ini sebelumnya pernah diberitakan sebagai lansia terlantar, mereka tinggal satu rumah dan memiliki hubungan saudara sebagai bibi dan keponakannya.

Keluarga mereka enggan mengurus, meski secara finansial keduanya tidak kekurangan. Wahyu atau akrab disapa Ayu mengungkapkan, pihaknya tidak melihat jika keduanya merupakan warga yang tidak kekurangan, namun dirinya sangat miris melihat kedua lansia tidak ada yang mengurus.

“Untuk itu, saya minta kepada Dinas Sosial untuk menitipkan mereka di panti jompo saja, sehingga nanti di panti jompo mereka ada yang mengurus. Namun, kitapun minta dulu persetujuan dulu kepada keluarga mereka apakah mau kedua nenek ini diurus di panti jompo?,” ujar Ayu.

Menurutnya, di Kabupaten Cirebon terdapat satu panti jompo milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jika ada lansia yang akan masuk panti jompo pun tidak bisa sembarangan, karena lansia yang akan diterima di panti jompo merupakan lansia yang masih sehat.

“Kalau saya lihat kedua nenek ini masih sehat, sehingga kalau diurus di panti jompo kemungkinan bisa masuk. Daripada tinggal di rumah mereka tidak ada yang mengurus,” ujarnya.

Ayu menambahkan, sebagai sesama perempuan yang nantinya pun akan menjalani hari tua, dirinya turut ingin memberikan solusi bagi kedua nenek tersebut.

“Kita nantipun akan tua, jangan sampai saat kita tua akan diterlantarkan pula. Ini saatnya berinvestasi,” imbuhnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Patriot Desa Gandeng Unma Berdayakan Masyarakat

Komentar

News Feed