Grage Mall bersama Laskar Macan Ali Adakan Takshow tentang Toleransi

Citrust.id – Grage Mall bersama Laskar Macan Ali Nusantara mengadakan talkshow dalam rangka Hari Toleransi Internasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 Grage Mall.

Acara tersebut berlangsung di atrium utama Grage Mall, Jl. Tentara Pelajar, Kota Cirebon, Rabu (30/11/2022).

Pada kesempatan itu, Wakil CEO Grage Group, Bamunas S Boediman, mengatakan, ia mengapresiasi acara Grage Mall bersama Laskar Agung Macan Ali itu.

Bamunas S Boediman menjelaskan, sejak dahulu, di Kota Cirebon sudah ada toleransi. Tidak pernah terjadi konflik di tengah keanekaragaman Kota Cirebon.

“Meski demikian, ke depan, toleransi perlu diajarkan sejak dini, seperti usia TK,” ujar Oki, sapaan akrab Bamunas S Boediman.

Di tempat yang sama, Panglima Tinggi Laskar Macan Ali, Prabu Diaz, menuturkan, toleransi adalah sikap saling menghormati. Toleransi membawa kedamaian bagi masyarakat. Sejak dulu, masyarakat Cirebon sudah melakukan itu.

Pada tahun 1527 pasukan dari Kesultanan Cirebon turut mengusir Portugis. Saat itu, masyarakat guyub dan saling menghormati.

“Kami melanjutkan tradisi leluhur untuk saling menghormati,” kata Prabu Diaz.

Kemudian, imbuhnya, pada abad 13, Cheng Ho datang ke Cirebon. Ia berkeliling dan pasukannya banyak yang berdiam diri di Cirebon.

“Puluhan tahun kemudian, Cirebon jadi pusat perkembangan Islam dengan hadirnya para wali. Semuanya guyub menggelorakan Bhinneka Tunggal Ika. Semuanya bertoleransi,” pungkas Prabu Diaz. (Haris)

Komentar