oleh

Exhibition at Kacirebonan Court Dimanfaatkan untuk Memamerkan Benda Pusaka Keraton

CIREBON (CT) – Rangkaian acara Festival Gotrasawala yang kali ini mengambil tajuk Exhibition at Kacirebonan Court dan Konser Bedug digelar di halaman Keraton Kecirebonan Cirebon, Jumat (05/12) dengan menampilkan Konser Bedug, dan gamelan degung dan pameran benda–benda pusaka peninggalan jaman dahulu.

Kedatangan rombongan Gotrasawala disambut oleh Sultan Kecirebonan Sultan Abdul Gani di ruang Prabayasa, Keraton Kecirebonan dengan diiringi gamelan degung.

Acara ini dimanfaatkan Keraton Kacirebonan dengan memamerkan benda-benda pusaka peninggalan jaman dahulu, dari mulai Gamelan Laras Pelog, Pedang Raja Wiliam yang merupakan cinderamata dari Raja William yang dipersembahkan kepada Sultan Kecirebonan 1 antara tahun 1808- 1814, kemudian ada kitab-kitab kuno, perlengkapan membuat jamu, dan lambang Keraton Kecirebonan. Ada pula Koleksi Mangkok dan Piring kuno, Pedang kompeni dan relief yang menggambarkan jiwa pemberontakan rakyat Cirebon.

Sultan Kecirebonan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi rangkaian acara gotrasawala yang digelar sejak kemarin hingga Sabtu nanti. Sultan Abdul Gani pun mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para undangan untuk bisa hadir dalam Keraton Kacirebonan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Provinsi Jawa Barat yang mana memberikan suportnya dengan digelarnya rangkaian acara ini,” ujar Sultan Abdul Gani.

Nunung Sanuri selaku Kadisbudparpora ProVinsi Jawa Barat, dalam sambutannya juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Keraton Kecirebonan yang telah menjamu dengan baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Sultan Kecirebonan untuk penerimaan dan sambutannya.” Singkatnya kepada (CT-105/CT-104)

BACA JUGA:   Milna Peduli Kebutuhan Gizi Balita Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed