oleh

Disyaratkan Hibah Jerman, Begini Sikap PD Pembangunan soal Lahan TPA

Citrust.id – Pemberian hibah untuk pembangunan pabrik pengolahan sampah di TPA Kopiluhur Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti dari pemerintah Jerman mematok syarat utama ketersediaan lahan milik Pemerintah Kota Cirebon. Sementara lahan di TPA masih ada sebagian yang milik PD Pembangunan.

Direktur Utama PD Pembangunan, Dr Pandji Amiarsa SH MH menegaskan, pihaknya memberi support kepada Pemkot Cirebon untuk dapat memenuhi syarat pemberian hibah dari pemerintah Jerman tersebut. Bentuk dukungannya adalah penyerahan tanah yang ada di kawasan TPA Kopiluhur yang administrasinya tecatat di PD pembangunan kepada Pemkot Cirebon.

“Kita akan bantu untuk memenuhi semua dokumen administrasi dalam rangka penerbitan kepemilikan lahan atas nama Pemkot Cirebon. Hal tersebut untuk syarat terwujudnya program hibah dari pemerintah Jerman,” katanya.

Sejumlah syarat, kata Pandji, sudah diinventarisasi dan akan disiapkan. Secara paralel antara PD Pembangunan dan Pemkot Cirebon dapat berjalan bersama.

“Kurang lebih ada 14 hektar yang tersedia. Semua lahan harus dilimpahkan ke pemkot. Dari total lahan, 9 hektar sudah bersertifikat. Sedangkan sisanya masih dalam bentuk AJB,” jelasnya.

Senada dikatakan Kepala Bagian Pertanahan, Tuti Hartuti Ssos. Ia mengatakan, PD Pembangunan akan berkoordinasi dengan Pj sekda untuk pemindahan pencatatan aset dari PD Pembangunan ke Pemkot Cirebon.

“Setelah penyerahan, kita akan melengkapi berkas yang dibutuhkan Pemkot Cirebon untuk mengajukan sertifikat ke Kantor Pertanahan,” katanya. (Aming)

BACA JUGA:   Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Kampanyekan Kesehatan Reproduksi dan Anti Kekerasan Seksual

Komentar

News Feed