oleh

Dipimpin Patih Kanoman, Ribuan Warga Hadiri Peresmian Situs Sumur Tujuh Kaliwadas

Cirebontrust.com – Ribuaan warga dari berbagai daerah di Ciayumajakuning, Minggu sore (24/12), memadati area Sumur Tujuh atau Situs Sumur Balong Tukmudal, yang bertempat di blok Cantil Kalurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Kehadiran warga untuk menyaksikan sekaligus mengikuti prosesi ritual peresmian dibukanya Sumur Tujuh oleh pihak Keraton Kanoman Cirebon. Situs Balong Tukmudal dan Sumur Tujuh secara resmi di buka oleh Sultan Raja Kanoman ke-XII Mochamad Emirudin, yang diwakilkan Pangeran Patih Mochamad Qodiron.

Hadir juga Juru Bicara Keraton Kanoman Ratu Raja Arimbi Nurtina, Elang Aji Nurasa, Camat Sumber dan para Abdi Dalam Keraton Kanoman serta ribuan warga. Prosesi ritual dimulai dengan penaburan kembang setaman ketujuh sumur di area Balong Tukmudal, yang dilakukan oleh Patih Qodiron.

a-sumur7

Ketujuh sumur tersebut yakni Sumur Tirta Kencana Banyu Biru, Sumur Jalatunda, Sumur Kemulian, Sumur Kejayan, Sumur Keputren, Sumur Anom dan Sumur Sepuh.

Pangeran Patih Mochamad Qodiron mengatakan, ditemukannya situs Sumur Tujuh merupakan fenomena sejarah yang erat kaitannya dengan awal mula Witana, yakni awal mula berdirinya Cirebon.

“Alhamdulilah situs secara resmi kami buka dan situs ini semoga bermamfaat bagi mayarakat Cirebon, dan kami menghimbau kepada warga dan para sesepuh agar Situs Balong Tukmudal dan ada situs Sumur Tujuh ini, agar dijaga dan dirawat,” kata Patih Qodiron.

a-sumurr7

Sebelumnya, warga dihebohkan dengan penemuan tujuh sumur di area Balong Tukmudal. Situs Sumur Tujuh ditemukan di Blok Tukmudal Cantil, Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Penemuan mata air yang kini menjadi sumur tujuh dianggap situs bersejarah. Kali pertama, lokasi sumur tujuh ditemukan oleh seorang warga, Syafrudin.

Sejak ditemukannya Sumur Tujuh pada 21 November 2016 lalu, oleh warga kemudian dilakukan penggalian dan diperbaiki dengan menggunakan alat seadanya. Bahkan situs sumur tujuh tersebut, pengelolaannya diserhakan kepada, Syafrudin yang kini disebutnya sebagai juru kunci Balong Tuk Mudal.

“Sekarang ini, kami di sini bersama-sama menggali sumur, sebagian warga meyakini jika sumur tujuh penemuan sumur pertama di Cirebon,” kata Syafrudin. (Kirno Raharjo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed