oleh

Dinas Kesehatan: Bahaya Kanker Rahim Perlu Perhatian Serius Para Pemangku Kepentingan

Majalengkatrust.com – Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Ucu Supriatna mengatakan bahaya penyakit kanker rahim perlu mendapat perhatian serius dari seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Majalengka.

“Anggaran di Dinas Kesehatan juga terbatas untuk menggelar IVA, maka dari itu saya apresiasi ada desa yang menganggarkan pelayanan IVA dari dana desa,” kata Kabid ,Ucu saat menggelar pelayanan pemeriksaan IVA (deteksi dini kanker rahim) di Desa Jagasari Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka, Rabu (14/12).

Ucu mengungkapkan peserta pemeriksaan IVA sendiri digelar di dua tempat yakni di Blok Colom dan Blok Desa Jagasari dengan peserta sebanyak 200 orang ibu-ibu.

Kepala Desa Jagasari Ahmad Juanda mengungkapkan pihaknya menggelar acara pelayanan pemeriksaan IVA gratis untuk mendeteksi dini adanya risiko kanker rahim karena rasa sayangnya terhadap kaum wanita dan dalam semangat Maulid Nabi serta semangat hari Ibu.

“Ditujukan bagi wanita usia subur di desa tersebut karena kewajiban memelihara kesehatan bukan hanya pemerintah daerah,  tapi juga pemerintah desa. Bahkan merupakan juga tanggung jawab individu, lebih baik mencegah daripada kemoterapi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua BPD Desa Jagasari Memen Nuryaman mengatakan kegiatan terselenggara atas biaya pemerintah desa dan swadaya masyarakat.

“Selain membangun infrastruktur fisik, oleh Pemdes Jagasari Dana Desa mulai diarahkan ke pemberdayaan masyarakat seperti pelayanan kesehatan ini,” jelasnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Terduga Teroris di Kalijaga Permai Ditangkap Saat Kendarai Motor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed