oleh

Dilantik, Ansor Cirebon Komitmen Gerakkan Dakwah Medsos

Citrust.id – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Cirebon masa khidmat 2020-2024 resmi dilantik. Pelantikan dipimpin langsung Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Barat, Ahmad Deni Haidari, Sabtu (16/10) malam, di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, Akhmad Ibnu Ubaidillah, menegaskan, pihaknya berkomitmen memaksimalkan teknologi informasi, khususnya media sosial, sebagai media dakwah sekaligus counter narasi radikalisme yang saat ini sangat masif perkembangannya.

“Kami akan memaksimalkan peran departemen IT dan media. Ini jalan dakwah kami untuk mengcounter narasi-narasi yang merongrong NKRI dan NU di media sosial,” terangnya.

PC GP Ansor Kabupaten Cirebon juga akan mengoptimalkan peran dan fungsi departemen lainnya. Seperti departemen Lingkungan Hidup (LH), Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR), Rijalul Ansor (RA), Banser, dan sebagainya. Hal itu dilakukan agar departemen-departemen tersebut bisa berkontribusi dalam kehidupan sosial.

“Kami juga berkomitmen memerangi sampah di Kabupaten Cirebon, sesuai jargon pemerintah daerah, yakni Cirebon Sehat. Makanya, kemarin kami melakukan aksi peduli lingkungan serentak di 40 kecamatan,” jelas Ibnu.

Senada, Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 99 Asmaul Husna, PP GP Ansor, M Nuruzzaman, yang hadir dalam pelantikan tersebut, menyatakan, dirinya sepakat dan mendukung yang dilakukan Ansor Cirebon, yakni berdakwah di media sosial.

Menurutnya, berdasarkan survei yang dilakukan Alvara Institute, ada perubahan perilaku keagamaan di Indonesia. Ada 30 juta new muslim urban (muslim baru), di antaranya kaum milenial yang menghabiskan sembilan jam perhari di media sosial.

Terkait hal itu, Kang Zaman, sapaan akrabnya, memaparkan, berdasarkan pemetaan yang ia lakukan di delapan provinsi, sebesar 30 persen dari 15 ribu penyuluh keagamaan, rujukan pengetahuan agamanya didapat melalui media sosial, bukan dari kiai atau ulama langsung.

“Sebanyak 30 juta new muslim urban ini merupakan tantangan bagi kader Ansor yang sesungguhnya, yakni tantangan ideologi,” jelas Kang Zaman.

Peserta pelantikan PC GP Ansor Kabupaten Cirebon masa khidmat 2020-2024 berjumlah 55 orang. Semuanya memiliki latar belakang yang beragam dan kapasitas sesuai bidangnya masing-masing. Dengan demikian, Ansor Cirebon saat ini lebih berwarna. (Rls)

Komentar

News Feed