oleh

Desa Nunuk Baru Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi dan IT

Citrust.id – Bekerja sama dengan Relawan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Majalengka, Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, menggelar bimbingan teknis peningkatan SDM pengelolaan informasi dan IT Desa di balai desa setenpat.

Menurut Kepala Desa Nunuk Baru, Nono Sutrisno, bimtek itu diikuti oleh perangkat desa, BPD, LPM, karang taruna, kepala dusun, tokoh pemuda dan lain-lain.

“Materinya tentang jurnalistik dan media informasi,” ungkapnya, Minggu (6/10).

Nono mengungkapkan, sebagai desa wisata dan budaya, Desa Nunuk Baru sedang menpersiapkan lahan untuk ditanami ribuan pohon kapas sebagai bahan pembuatan kain tenun gadod khas Nunuk.

“Kami juga membuat trek adventure offroad permanen lebih dari 10 Km. Untuk itu, perlu kemampuan untuk mempublikasikan dan mempromosikan Desa Nunuk Baru melalui media sosial, website dan media lainnya,”ungkapnya.

Dalam bimtek tersebut, narasumber dari Relawan TIK, M. Abduh Nugraha memberikan pelatihan cara menulis berita, artikel dan caption di media sosial dan website. Narasumber lain, Azis, memberikan materi tentang cara upload dan pengelolaan website dan materi lainnya.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Majalengka, H. Budi Victoriadi, mengatakan, ke depan diharapkan ada perhatian serius semua pihak dan pemangku kepentingan terhadap desa-desa yang sekarang masih belum mendapatkan sinyal internet.

“Saat ini, koneksi internet merupakan kebutuhan yang sangat vital, termasuk bagi masyarakat desa untuk memperkenalkan potensinya,” kata Mang Budi, sapaan akrabnya.

Mang Budi berharap, pada era revolusi 4.0, potensi desa dengan memanfaatkan teknologi informasi bisa terangkat baik melalui website desa maupun media sosial. Dengan demikian, datang wisatawan dan investor yang outputnya meningkatkan kesejahteraan warga desa. (Abduh)

BACA JUGA:   PMII Unisa Perjuangkan Keadilan Gender

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed