oleh

Casminah Bersyukur Jadi Peserta JKN-KIS

Citrust.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) sejak tahun 2014 telah mengubah sistem kesehatan di Indonesia. Melalui program JKN-KIS, banyak masyarakat yang dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Adanya program JKN-KIS telah mengubah rasa kekhawatiran masyarakat akan tingginya biaya kesehatan. Selain itu, fasilitas kesehatan berlomba memberikan pelayanan yang terbaik guna memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya peserta JKN-KIS.

Casminah, (39 tahun), warga Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon merupakan satu dari sekian banyak peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat program tersebut.

Casminah merupakan seorang ibu rumah tangga. Ia terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Suaminya bekerja sebagai seorang pegawai di salah satu perusahaan daerah di Kota Cirebon. Casminah baru saja melahirkan anak ketiganya pada April 2019.

“Selama kontrol kehamilan anak ketiga, saya dapat rujukan online dari Klinik Pratama Akbid Muhamadiyah Cirebon ke Rumah Sakit Pelabuhan Kota Cirebon. Tidak menunggu lama biasanya langsung ketemu dokter. Puas pokoknya jadi Plpeserta JKN-KIS. Sedari dulu, dokter dan perawat-perawatnya baik semua,” ungkap Casminah, Senin (17/6/2019).

Casminah dan keluarga juga menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit Pelabuhan Kota Cirebon karena proses persalinan anak kedua dan ketiganya berjalan lancar. Meski ada hambatan pada proses persalinan anak ketiganya sehingga harus melalui persalinan Caesar, hal itu tidak menjadi halangan berarti bagi Casminah.

Dengan adanya program JKN-KIS, Casminah merasa bersyukur dan tenang apabila ia dan keluarganya sakit dan membutuhkan perlayanan kesehatan.

“Suami dan anak saya juga kalau sakit pakai kartu JKN-KIS untuk berobat. Biasanya ke Klinik Pratama Akbid Muhammadiyah Kota Cirebon karena di sana dokternya baik,” ujarnya.

Casminah berharap, program JKN-KIS akan tetap ada sehingga masyarakat tetap dapat terjamin pelayanan kesehatannya. Ia juga berpesan kepada peserta agar selalu rutin membayar iuran JKN-KIS setiap bulannya agar kartu tetap aktif. Selain itu, jika sewaktu-waktu jatuh sakit, sudah ada yang menjamin pelayanan kesehatannya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed