oleh

BPJS Kesehatan Gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon adakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen, Selasa (31/8). Kegiatan donor itu merupakan bagian dari BPJS Kesehatan Peduli yang diselenggarakan di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan.

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ahdijana menjelaskan, BPJS Kesehatan Peduli itu merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-53 BPJS Kesehatan. Kegiatan itu juga dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian antarsesama terhadap masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan ini diikuti pegawai dan Tenaga Alih Daya BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Kami mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Cirebon yang telah membantu dan mendukung dalam pelaksanaan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen hari ini,” ungkap Ahdijana.

Ahdijana menyampaikan, terdapat sekitar 20 orang Duta BPJS Kesehatan Cabang Cirebon yang turut berpartisipasi dalam kegiatan BPJS Kesehatan Peduli itu. Donor darah dan plasma konvalesen itu diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan donor plasma konvalesen untuk pemulihan Covid-19. Selain itu, bisa membantu menambah jumlah ketersediaan kantong darah bagi PMI Kota Cirebon.

“Donor darah dan donor plasma konvalesen ini kami jalankan sesuai dengan protokol kesehatan. Kami berharap donor yang kami berikan dapat membantu PMI dalam memenuhi pasokan darah untuk masyarakat umum setiap harinya,” ujar Ahdijana.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengambilan darah PMI Kota Cirebon, Hidayat menyampaikan, pandemi Covid-19 cukup berpengaruh terhadap pasokan darah yang tersedia di PMI saat ini. Oleh karenanya, PMI terus mengimbau kepada masyarakat khususnya yang telah menjadi penyintas Covid-19, agar dapat menjadi pendonor plasma konvalesen jika syarat-syaratnya terpenuhi.

“Kami sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah melaksanakan kegiatan ini. Apalagi di tengah kondisi seperti sekarang ini di mana cukup banyak masyarakat yang membutuhkan darah dan plasma konvalesen setiap hari. Harapannya, semoga tidak berhenti sampai di sini, tetapi bisa rutin dilakukan. Kami siap memfasilitasinya,” ucap Hidayat. (Haris)

Komentar

News Feed