oleh

Bupati Cirebon Perintahkan Dinas Terkait Lakukan Penanganan Banjir

Cirebontrust.com – Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra perintahkan dinas terkait untuk segera lakukan penanganan banjir. Diantaranya memperbaiki drainase (saluran) dan mendata kerusakan pasca-banjir.

“Saya sudah perintahkan kepala dinas terkait untuk segera membenahi kerusakan pasca-banjir, terutama saluran. Agar, air dapat langsung mengalir. Di samping itu sebagai kepala daerah, saya harapkan para kuwu, camat dan kepala dinas untuk melaporkan kerusakan yang terjadi, guna mengambil langkah apa saja yang perlu dilakukan,” paparnya di sela pemberian bantuan korban banjir di balai Desa Tuk Karangsuwung, Kecamatan Lemahabang, Kamis (16/02).

Sunjaya menjelaskan, banjir yang terjadi merupakan air kiriman dari Kuningan. Di samping intensitas hujan yang tinggi di daerah setempat. Maka, perlu adanya introspeksi masyarakat dan unsur terkait lainnya.

“Tidak hanya di Kecamatan Lemahabang saja yang terkena banjir. Laporan yang saya terima, banjir juga terjadi di Kecamatan Pangenan dan Losari. Meski bantuan yang diberikan alakadarnya, namun yang perlu diperhatikan kepedulian kepala daerah pada masyarakatnya dan penanganan pasca-banjir,” ujarnya.

Bupati Sunjaya juga sudah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWSCC) terkait penanganan sungai yang rawan banjir.

“Sejak banjir melanda Kecamatan Waled, saya langsung koordinasi dan komunikasi dengan BBWSCC. Direncanakan tahun ini akan dilakukan perbaikan sungai yang menjadi kewenangan BBWSCC. Selain itu, yang menjadi kewenangan kabupaten, tentunya saya perintahkan dinas PUPR untuk lakukan tugasnya. Salah satunya, membenahi saluran yang tersumbat, guna meminimalisir banjir susulan,” jelasnya.‎ (Riky Sonia)

BACA JUGA:   Bakal Perketat di Perbatasan, Longgarkan Aktivitas Perniagaan

Komentar

News Feed