BPJS Kesehatan Cirebon Ajak Pemangku Kepentingan Optimalkan Layanan JKN

  • Bagikan
BPJS Kesehatan Cirebon ajak pemangku kepentingan optimalkan layanan JKN
BPJS Kesehatan Cirebon ajak pemangku kepentingan optimalkan layanan JKN. (Foto: Ist.)

Citrust.idBPJS Kesehatan Cabang Cirebon ajak pemangku kepentingan optimalkan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan Cabang Cirebon mengadakan forum kemitraan dengan pemangku kepentingan utama di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, dan Indramayu. Kegiatan berlangsung pada Rabu (22/6/2022).

Sekretaris Daerah, Ketua DPRD dan berbagai OPD serta fasilitas kesehatan menghadiri kegiatan tersebut. Pertemuan itu membahas upaya optimalisasi layanan terhadap peserta JKN. BPJS Kesehatan Cabang Cirebon pun ajak pemangku kepentingan optimalkan layanan JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Nopi Hidayat menjelaskan, kemudahan Peserta JKN dalam mendapatkan akses layanan kesehatan masih menjadi salah satu fokus utama penyelenggaraan Program JKN. Kepuasan peserta JKN merupakan salah satu poin penting guna mewujudkan penyelenggaraan Program JKN yang optimal.

“Optimalisasi layanan berbasis digital, seperti sistem antrean yang terhubung Mobile JKN, display ketersediaan tempat tidur. Selain itu, display tindakan operasi, telemedicine serta tindak lanjut keluhan saat ini tengah kita dorong. Ketersediaan tenaga medis serta ruang rawat inap yang memadai sesuai dengan kebutuhan juga menjadi hal yang penting,” ungkap Nopi.

Sampai dengan Juni 2022, sebanyak 5.114.549 penduduk di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, dan Indramayu telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS. Jumlah Peserta JKN-KIS di wilayah Kabupaten Indramayu tersebut terimbangi dengan adanya 426 FKTP serta 55 FKRTL yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Nopi juga mengapresiasi Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon atas capaian mempertahankan Universal Health Coverage pada tahun 2022. Sinergi yang baik antara berbagai pihak, harapannya dapat semakin meningkatkan kepuasan peserta dalam penyelenggaraan Program JKN.

“Dalam menyukseskan Program JKN, BPJS Kesehatan sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak terutama berkaitan dengan pemberian layanan kesehatan serta cakupan Peserta JKN terdaftar. Oleh karenanya, kami sangat berharap adanya sinergi yang baik di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu ini,” ucap Nopi.

BACA JUGA:  Optimalkan Layanan, BPJS Kesehatan Cirebon - Jasa Raharja Perkuat Sinergi

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Asdullah Anwar menyampaikan, upaya peningkatan kualitas dan cakupan layanan di faskes akan terus ada peningkatan. Hal itu sebagai bagian dari upaya perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Tentunya perbaikan tersebut melibatkan berbagai pihak agar peningkatan kualitas layanan dapat berjalan sesuai harapan.

“Kami upayakan perbaikan-perbaikan terutama terkait dengan kepatuhan pemberi layanan kesehatan. Pada Prinsipnya, kami ingin kualitas pelayanan kesehatan semakin hari semakin membaik,” ujar Asdullah. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *