oleh

Awas, Makanan-makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pernahkah Anda mendengar jika ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat? Beberapa jenis makanan dapat membuat obat resep tidak bekerja, atau dalam skenario terburuk bahkan memiliki efek samping yang berbahaya.

Berikut jenis makanan yang harus dihindari saat mengonsumsi obat.

Pisang. Hindari jika Anda sedang menggunakan obat-obatan penurun tekanan darah. Pisang memiliki kandungan potasium (kalium) tinggi, pada kondisi wajar hal ini baik bagi tubuh, tapi bagi mereka yang sedang mendapatkan pengobatan dengan obat seperti Captoril, inhibitor ACE atau penghambat reseptor angiotensin.

Jeruk Lemon. Hati-hati meminum jeruk lemon jika Anda sedang meminum obat batuk yang mengandung dekstrometorfan.Jeruk lemon dapat mengganggu proses pengobatan karena menyebabkan kandungan dekstrometorfan terserap berlebih ke dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan efek samping seperti halusinasi atau mengantuk. Efek buah dapat bertahan hingga 24 jam atau lebih sehingga menghindari memakan jeruk saat meminum obat batuk adalah pilihan bijak.

Alkohol. Hindari jika Anda sedang menggunakan Antihistamin, Obat diabetes dan Pengilang rasa sakit. Pada banyak obat-obatan sering disertai dengan peringatan untuk tidak mengkonsumsinya bersama dengan alkohol. Hal ini dikarenakan alkohol dapat memperberat kerja lever.

Kopi. Hindari jika Anda sedang menggunakan obat Bronkodilator untuk asma. Obat Bronkodilator membantu pasien untuk bernapas lebih mudah dengan cara merelaksasi otot-otot di paru-paru dan melebarkan saluran pernapasan.Efek samping yang umum dari miminum obat ini adalah jantung berdebar, gugup dan gelisah. Ketika dicampur dengan meminum kafein, resiko efek samping akan semakin meningkat. Terlalu banyak kafein juga dapat menurunkan efektivitas obat dalam keadaan darurat.

Sayuran Hijau. Hindari jika Anda sedang menggunakan obat anti-koagulan. Sayuran hijau adalah bagian dari diet sehat namun jangan memakannya saat Anda sedang menggunakan obat anti pembekuan darah, seperti Warfarin. Kandungan dalam sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin K akan membuat darah lebih mudah membeku. (Net/CT)

Komentar

News Feed