oleh

Apa Akibatnya Anak Dibiarkan Obesitas sejak Kecil?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Karena terlalu sayang kepada anak adalah alasan klasik yang sering muncul dari perilaku orangtua. Imbasnya, orangtua tidak bisa menolak apapun yang minta oleh anak termasuk dalam hal makan.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Antonia Anna Lukito mengungkapkan, bahwa anak yang obesitas lebih berisiko terkena penyakit jantung di kemudian hari. Saat berusia 10 tahun, dalam tubuh anak obesitas sudah bisa terbentuk foam cell atau sel busa, yaitu sel berisi lemak yang menyumbat pembuluh darah.

Baca juga: Fakta Terbaru Obesitas, Termasuk Gangguan Otak

Menurut Antonia, kebiasaan orangtua dapat memengaruhi anak menjadi obesitas. Misalnya, orangtua sering kali hanya mengajak anak jalan ke mal untuk makan. Anak seharusnya dibiasakan konsumsi makanan sehat sejak kecil. Anak juga perlu dibiasakan melakukan aktivitas fisik.

Penyakit jantung mulai banyak muncul pada usia dini akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tidak sehat dan berlebihan, kurang aktivitas fisik, dan merokok. Salah satu faktor risiko penyakit jantung memang adanya riwayat keluarga. Namun, dengan gaya hidup sehat, penyakit jantung bisa tidak muncul. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kedubes Amerika Tertarik Pariwisata Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed