oleh

Antisipasi Sakit Punggung karena Salah Posisi Tidur

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kebanyakan orang lebih nyaman dengan kasur yang cukup empuk, padahal kasur yang sedikit keras bisa membuat tulang belakang tetap lurus dan mengurangi tekanan pada semua sendi dan struktur sekitar tulang belakang.

Banyak ahli yang menyarankan untuk mengganti kasur bila masalah tulang punggung kerap melanda. Anda disarankan mencoba kasur baru jika kini tempat tidur Anda terlalu keras atau malah terlalu empuk di bagian tengah.

Sakit punggung yang datang tiba-tiba setelah tidur malam umumnya disebabkan oleh dua hal, bisa karena pemilihan matras yang tak sesuai atau posisi tidur yang salah. Dan ini kerap dialami oleh banyak orang di dunia, sehingga bila Anda mengalaminya, Anda tak sendiri.

Kasur yang terlalu kaku atau terlalu kendor tidak benar-benar menyokong sendi, sehingga menyebabkan nyeri bila Anda terlalu lama berbaring di atasnya.

Bagaimana posisi tidur ternyata juga berdampak pada kesehatan Anda di pagi hari. Diperkirakan, bahwa 17 persen orang yang tidur dengan posisi terlentang bisa membantu mengatasi sakit punggung.

Hindari posisi tidur meringkuk seperti bola karena cenderung menambah tekanan dalam struktur tulang belakang, terutama jika berada dalam posisi tersebut dalam waktu lama.

Untuk menghindari atau mengurangi sakit punggung, jika Anda tidur telentang atau miring, menggunakan bantalan pinggang yang dikenakan seperti sabuk. Bantal tersebut biasanya bisa Anda dapatkan di apotek atau toko kesehatan. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pemkab Cirebon Tekan Penyebaran HIV/AIDS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed