oleh

Antisipasi Pungli KIR, Dishub Majalengka Luncurkan Aplikasi Sikilat

Citrust.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan Bank Indonesia Cabang Cirebon, dan Bank BJB Majalengka meluncurkan Aplikasi Sistem Kir 1 Lajur Antrian Terintegrasi (Sik1lat) Digital, Senin (26/4).

Kepala Bidang Teknik Keselamatan dan Angkutan Dinas Perhubungan, Aditya Dwi Prasetyo, menyampaikan, Pemda Majalengka dan Bank BJB berkolaborasi menerapkan digitalisasi penerimaan retribusi, salah satunya pembayaran online nontunai pengujian kendaraan bermotor terintegrasi lewat Aplikasi Sik1lat.

Pembayarannya dapat dilakukan melalui e-channel, teller, ATM, ebanking BJB Digi, dan QRIS merchant BJB. Selain itu, digitalisasi diperluas pada angkutan dalam kota, yakni angkot Siap, Ekonomis, Higienis, Aman dan Tertib (SEHAT) Raharja. Pembayarannya pun dilakukan lewat sistem QRIS.

“Nantibpenumpang bayar angkot tinggal scan kode QR yang ada didalam angkot tersebut. Jadi tidak bayar pakai uang tunai,” Aditya.

Sementara itu, Bupati Majalengka, Karna Sobahi, menyampaikan, Sik1lat merupakan salah satu bentuk jawaban dari tuntutan era digital. Sistem itu dibuat untuk memberikan pelayanan KIR yang lebih efektif dan efisien.

“Sistem ini memudahkan pelayanan bagi masyarakat, terutama pada masa pandemi, sehingga mengurangi kontak dari tangan ke uang ataupun barang ke orang. Sistem ini akan menghilangkan pungli jikabdijalankan dengan efektif,” harap Karna. (Abduh)

Komentar

News Feed