oleh

Anggota Komisi IX DPR RI Tinjau Layanan Peserta JKN di Kota Cirebon

Citrust.id – Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Netty Prasetiyani, berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Jumat (5/6). Kunjungan tersebut dilakukan guna meninjau layanan yang diberikan bagi peserta JKN-KIS. Netty disambut baik oleh seluruh duta BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Netty juga berbincang dengan sebagian peserta yang sedang memperoleh layanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

“Ada kebiasaan baru yang harus dilakukan sejak adanya Pandemi Covid-19. Petugas keamanan memeriksa dan mengecek suhu tubuh juga memberikan cairan pencuci tangan. Ini upaya yang sangat baik yang dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Covid-19,” ujarnya.

Netty menjelaskan, dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas, layanan kesehatan di fasilitas kesehatan semestinya memiliki porsi yang paling sedikit. Kontrol diri sendiri dan lingkungan sekitar serta perilaku sehari-hari dari masyarakatlah yang seharusnya berperan lebih banyak.

Oleh karenanya, ia berharap BPJS Kesehatan dapat terus mengupayakan edukasi kepada masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.

“Tidak dipungkiri, masyarakat menerima manfaat yang sangat besar dari keberadaan BPJS Kesehatan. Kalau kita bicara tentang kesehatan, tentu semua orang tidak menolak bahwa kesehatan adalah segalanya. Segala sesuatu tidak mungkin dilakukan tanpa kesehatan yang dimiliki. Oleh karenanya, BPJS Kesehatan memiliki peran yang penting di sini,” ungkap Netty.

Selain itu, menurut Netty, pemerintah daerah juga memiliki peran penting dalam menjamin masyarakat yang tidak mampu dengan cara mendaftarkan penduduknya sebagai Peserta JKN-KIS segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), serta memastikan kesiapan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di daerah masing-masing.

“Insya Allah, ini menjadi momentum bagi kita untuk terus dapat meningkatkan dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, karena bagaimanapun juga kesehatan adalah hak dasar masyarakat. Maka, untuk mewujudkan Indonesia sehat dibutuhkansuatu kolaborasi optimal antara pemerintah, masyarakat dan sistem kesehatan, terutama dalam penanganan pandemi ini,” ucap Netty.

BACA JUGA:   Asyiknya Kamping Menikmati Keindahan Bukit Kanaga

Senada, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Budi Setiawan, menyampaikan, dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan tentu saja tidak mungkin menjalankannya sendiri. Diperlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk mewujudkan tujuan yang diamanatkan oleh konstitusi, meningkatkan kualitas layanan serta menjaga kesinambungan Program JKN-KIS ini.

“Kunjungan Ibu Netty untuk melihat langsung pelayanan di lapangan, merupakan bentuk nyata dukungan dari lembaga tinggi negara terhadap program strategis nasional ini,” tuturnya.

Masih menurut Budi Setiawan, cukup banyaknya peserta yang mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan menyiratkan, bahwa Program JKN-KIS ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat. Hampir setiap hari sebelum pandemi, sekitar 300 sampai dengan 400 peserta mendatangi setiap kantor layanan di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

Padahal jika dilakukan sampling, sebagian layanan yang dibutuhkan oleh peserta tersebut juga dapat dilakukan melaluiCare Center 1500400, ataupun Aplikasi Mobile JKN.

“Kami akan secara terus-menerus meningkatkan penyampaian informasi pada masyarakat akan adanya kanal layanan lain yang dapat digunakan untuk memperoleh layanan kepesertaan, di samping tentu saja informasi yang terkait promosi kesehatan. Kami juga akan berkoordinasi lebih intensif dengan perangkat desa, sebagai satuan pemerintahan terkecil, untuk dapat membantu menyampaikan semua informasi seputar Program JKN-KIS dimaksud,” pungkas Budi. (Haris)

Komentar

News Feed