oleh

Anggota DPR RI Dukung Penuh Program JKN-KIS

Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon mengadakan sosialisasi program dan manfaat perlindungan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kecamatan Jalaksana dan Kecamatan Kuningan, Rabu (20/10).

Kegiatan tersebut bersinergi dengan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Hj. Nihayatul Wafiroh dan Anggota Komisi II, Yanuar Prihatin.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Hj. Nihayatul Wafiroh, yang membidangi kesehatan, ketenagakerjaan, kependudukan serta pengawasan obat dan makanan, mengatakan, menjadi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan sangat penting. Dengan cara tersebut, peserta bisa bergotong-royong agar semua tertolong.

Menurutnya, pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) perlu ditingkatkan. Masih ada peserta JKN-KIS yang tidak bisa mendapatkan pelayanan di rumah sakit karena ruangannya penuh.

“Dengan iuran sebesar Rp42 ribu, peserta JKN-KIS bisa berobat ke RS dengan pelayanan cuci darah, jantung, dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Nopi Hidayat, menjelaskan, dengan membayar iuran secara rutin, peserta akan mendapat dua manfaat. Pertama, proteksi diri terhadap risiko finansial bila sewaktu-waktu memerlukan layanan kesehatan. Kedua, sebagai wujud gotong-royong dan semangat saling membantu antar-peserta JKN-KIS.

“Prinsip program ini adalah gotong-royong. Iuran dari peserta yang sehat akan membantu peserta yang sakit. Iuran dari peserta yang mampu akan ikut membantu peserta lain yang kurang mampu,” jelas Nopi.

Anggota DPR RI Komisi II, Yanuar Prihatin, mengatakan, dengan kesehatan yang bagus, apapun bisa menjadi lebih ringan dan mudah. Untuk itu, kesadaran untuk makin sehat harus terus disosialisasikan.

“Pemerintah Indonesia mempunyai program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikoordinasikan oleh BPJS Kesehatan,” katanya.

Yanuar menambahkan, jika pemerintah punya ide, konsep dan gagasan, apabila tidak didukung, maka susah berjalan.

“Semoga bisa memberikam spirit dan motivasi untuk mendukung program pemerintah secara bersama-sama,” harapnya. (Andin)

 

Komentar

News Feed