oleh

ACT Mengirimkan Bantuan Ke Kabupaten Asmat,Papua

Citrust.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebuah lembaga kemanusiaan mengirimkan bantuan ke Agat, Kabupaten Asmat, Papua. Bantuan tersebut berupa 100 ton beras, susu formula bayi, biskuit, vitamin untuk anak-anak, air mineral beserta pakaian untuk balita.

Presiden ACT, Akhyudin, mengatakan,”tujuan Marauke, Asmat sebagai bantuan dikarenakan di Marauke ini merupakan lumbung padinya di Provinsi Papua sehingga hal ini menyelamtkan, sedangkan pada persoalan yang sama terjadi kekurangan gizi dan ini menjadi persoalan tersendiri”, katanya (03/02/2018) dilansir detik.

diketahui sebelumnya, Kasus kejadian luar biasa (KLB) gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat, Papua telah mengakibatkan sedikitnya 59 anak meninggal dunia dan ratusan lainnya dirawat intensif di rumah sakit. Peningkatan kasus penyakit campak dan gizi buruk yang sebetulnya sudah terjadi sejak Oktober 2017 itu, disebabkan oleh banyak sekali faktor yang pada akhirnya menumpuk menjadi masalah kesehatan di Papua.

Lagi-lagi akses geografis Negara Kesatuan Republik Indonesia selalu menjadi tantangan paling pertama untuk pemerataan pelayanan publik, terutama di bagian timur Indonesia. Kabupaten Asmat terletak di tenggara Taman Nasional Lorentz yang terletak di bagian tengah Pulau Papua. Untuk mencapai daerah itu harus menggunakan pesawat dengan penerbangan khusus dari Bandara Moses Silangin Timika dan dilanjutkan lagi dengan kapal cepat. Akses menuju Asmat hampir terisolasi dari kemudahan transportasi membuat apa-apa sulit diperoleh di tempat itu, termasuk sulitnya sumber daya manusia kesehatan. /SW

BACA JUGA:   Jualan Batik hingga ke Moskow

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed