Banjir Surut, Jalur KA Semarang–Alastua Kembali Normal

  • Bagikan
Banjir Surut, Jalur KA Semarang–Alastua Kembali Normal
Banjir surut, jalur KA Semarang–Alastua kembali normal. (Ist.)

Citrust.id – Perjalanan kereta api mulai berangsur normal setelah banjir yang melanda jalur rel di Km 2+300 hingga 4+500 petak jalan Semarang Tawang–Alastua surut. Jalur hulu kini dapat kembali dilalui oleh kereta api dengan kecepatan terbatas.

“Alhamdulillah, mulai tadi malam setelah banjir surut dan upaya penanganan untuk normalisasi jalur rel akibat genangan air, jalur hulu bisa dilalui kereta api menggunakan lokomotif biasa dengan kecepatan terbatas. Sebelumnya, jalur hanya dapat dilalui menggunakan lokomotif Diesel Hidrolik BB 304,” ujar Manajer Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Muhibbuddin, Kamis (30/10/2025).

Meski jalur sudah dapat dilalui, kepadatan perjalanan kereta masih terjadi di beberapa titik. Beberapa kereta api yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon dari malam hingga pagi masih mengalami antrean. KAI memastikan upaya penguraian kepadatan lintas dilakukan secara bertahap agar jadwal perjalanan dapat kembali normal sepenuhnya.

KAI juga terus berupaya mempercepat proses normalisasi jalur kereta di lokasi terdampak. Perbaikan dilakukan dengan menambah dan memadatkan balas untuk memperkuat struktur rel, menaikkan badan rel secara optimal, serta membersihkan saluran drainase di sisi jalur agar air tidak kembali menggenang.

Sebelumnya, untuk mengatasi dampak banjir, KAI Daop 3 Cirebon memberlakukan pola operasi memutar dari jalur utara ke jalur selatan. Selain itu, penumpang yang terdampak dialihkan menggunakan bus menuju tujuan akhir. KAI juga memberikan pengembalian bea tiket sebesar 100 persen bagi pelanggan yang membatalkan perjalanan.

“KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf atas gangguan layanan dan keterlambatan akibat banjir ini. Terima kasih atas kesabaran dan pengertian para pelanggan. Petugas di lapangan akan terus memantau dan mengamankan perjalanan kereta agar tidak ada gangguan lebih lanjut. KAI berkomitmen selalu mengutamakan keselamatan perjalanan,” tutup Muhibbuddin.

BACA JUGA:  Tidak Ada Informasi Publik, Pembangunan Senderan Disoal Warga

KAI mengimbau para pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp di nomor 0811-222-33-121, email cs@kai.id, serta akun media sosial resmi @KAI121 di Instagram, X, dan Facebook yang telah terverifikasi. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *