oleh

RS Ciremai Cirebon Buka Layanan Konsultasi Psikologi

Citrust.id – Sejak Desember 2017, Rumah Sakit (RS) Ciremai, Jalan Kesambi, Kota Cirebon sudah membuka layanan konseling atau psikologi.

Kepala RS Ciremai Letkol Ckm dr Wildan Sani, SpU melalui Psikolog Nabilla, M.Psi saat ditemui Citrust.id di ruang kerjanya, menjelaskan, Klinik Psikologi melayani pasien mulai Senin-Jumat pukul 08.00-14.30 WIB.

Layanan psikologi yang ada antara lain konseling klinis dan psikoterapi untuk anak, remaja, dewasa dan keluarga, asesement klinis dan psikotes individual maupun klasikal.

Selain itu, kata Nabilla, ada layanan skrinning atau deteksi dini tumbuh kembang anak. Pada umumnya, anak dibawa ke dokter ketika sakit. Para orangtua terkadang kurang responsif terhadap perkembangan anaknya.

Apalagi, usia dini mulai 0-6 tahun merupakan golden age atau masa emas masa tumbuh kembang anak. Untuk itu, skrinning atau deteksi dini tumbuh kembang anak sangat penting untuk melihat perkembangan anak.

“Dengan skrinning itu, orangtua bisa mengobservasi perkembangan anaknya baik dari aspek motorik kasar, motorik halus maupun personal sosial dan bahasanya,” katanya, Jumat (13/4).

Layanan selanjutnya adalah pemeriksaan berbagai tes psikologi, seperti tes IQ, potensi akademik, kepribadian, penjurusan, motorik, minat/bakat, kesiapan masuk sekolah serta tes untuk anak berkebutuhan khusus.

Nabilla menerangkan, tes IQ penting untuk melihat potensi akademis atau kemampuam intelektual anak sekolah maupun mahasiswa. Saat tahun ajaran baru, untuk masuk SD negeri minimal berusia tujuh tahun. Sedangkan banyak anak TK saat akan masuk SD baru berusia enam tahun.

“Jika demikian, biasanya pihak sekolah meminta bantuan psikolog untuk memeriksa kelayakan anak tersebut untuk masuk SD,” ujarnya.

Nabilla menambahkan, layanan konseling yang ada di RS Ciremai juga bisa diakses peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

“Prosedurnya, pasien peserta JKN BPJS Kesehatan harus melalui dokter spesialis terlebih dahulu,” jelasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed