oleh

Yuhalini, TKW yang Berprestasi Terbitkan Banyak Buku di Taiwan

CIREBON (CT)  –  Pada umumnya, masyarakat memandang Tenaga Kerja Wanita (TKW) itu dengan sudut pandang yang negatif atau rendah, itu semua karena oknum TKW-nya sendiri, yang memang secara tidak sadar, tidak menjaga tingkah pola perilaku dan berfikir, sehingga masyarakat terpengaruh dan terlanjur menilai sosok seorang TKW dengan rendah, Sabtu (27/12).

Namun, hal tersebut terbantah kan oleh Yuhalini (25), TKW asal Desa Babadan Tenajar Tengah, Rt 10 Rw 03, Gang Muasan Kali Darung, Kecamatan Kertasmaya, Kabupaten Indramayu. Perempuan yang bekerja di Taiwan sebagai pengasuh anak (Baby Sitter) tersebut, sudah 1 tahun menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dalam kesibukannya, dara yang hobinya menulis cerpen dan puisi tersebut, selain bekerja menjaga balita, di sela-sela kesibukannya, dirinya menyempatkan menulis untuk menuangkan hobinya dan beberapa karya tulisnya sudah pernah diterbitkan media Taiwan dan juga diterbitkan menjadi buku karya antologi, majalah Indosuara, yakni majalah berbahasa Indonesia No.1 di Taiwan.

Selain bekerja dan menulis, perempuan kelahiran 1 Oktober 1989 itu, juga mengikuti kejar paket C (setara SMA) yang diselenggarakan oleh Badan Otonom Paket C Persiapan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan. Rencananya bila tidak ada halangan, dirinya ingin membuat karya solo Perdana, berhubung sekarang menjelang Ujian Akhir Semester, ia fokus ke pendidikan terlebih dulu.

Dirinya mengaku, mulai aktif menulis dari bulan Agustus 2014, berawal dari hobi, kemudian ia geluti dengan serius dan lahirlah karya-karyanya hingga saat ini.

“Saya mulai aktif menulis dari bulan Agustus 2014, awalnya hobi, kemudian saya geluti dan lahirlah karya-karya saya sampai sekarang,” ujar Yuhalini.

Inilah Karya-karya tulis Yuhalini yang sudah diterbitkan di tabloid dan majalah.

1). Yang Tersembunyi (puisi) April 2014 – Majalah Dot Taiwan
2). Cinta Nyata (puisi) Agustus 2014 – Majalah Indosuara Taiwan
3). Arti Bersama (puisi) Oktober 2014 – Majalah Tim Taiwan
4). Yang Tersayang (puisi) Oktober 2014 – Pena House (terbit menjadi buku; kumpulan puisi) cover buku KATANYA INI CINTA
5). Pestaku di Singapura (cerpen) Oktober 2014 – Goresan Pena (terbit menjadi buku; kumpulan cerpen) cover buku ULANG TAHUNKU
6). Keringat Sumpah (puisi) November 2014 – Goresan Pena (terbit menjadi buku, kumpulan puisi) cover buku UNTUKMU IBU PERTIWI
7). Ibu Mengapa Aku Berbeda (cerpen) desember 2014 – Pena Indhis (terbit menjadi buku; kumpulan cerpen) cover buku KARENA AKU BERBEDA

BACA JUGA:   Beredar Proposal yang Mencatut PWI Jabar

“Semoga dengan prestasi saya ini, bisa membuka pola pikir TKW lain di manapun berada untuk selalu mengharumkan nama Indonesia,” harapnya. (CT-127)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed