oleh

Warga Desa Cilaja Bersemangat Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 71

KUNINGAN (CT) – Pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di tahun 2016 sepertinya dilakukan bukan saja oleh pejabat negara di pusat dan tinkat Kabupaten saja. Tingkat desa pun banyak yang menggelar ucapara peringatan kemerdekaan, seperti yang dilakukan pemerintah Desa Cilaja, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.

Mengambil tempat di Alun-alun desa setempat, pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih yang melibat seluruh lapisan masyarakat sekitar, terlihat berjalan ckup khidmat.

Dalam susunan petugas upacara tersebut, Inspektur upacara, Kepala Desa Cilaja, Rusmiati terlihat khusyuk, terlebih pemimpin upacara diberikan kepada Kaur Pemerintahan (Bihi, red), Aang. Pembaca teks Proklamasi dilakukan Ketua BPD Cilaja, Marsan. Kemudian teks Pancasila dibacakan oleh Kaur Keuangan, Mansur.

Tidak hanya itu, ratusan peserta, terdiri dari seluruh aparatur pemerintahan desa, Unsur BPD, MUI, LPM, Karang Taruna, para siswa dan siswi SDN 1 dan 2 Cilaja serta juga ratusan siswa dan siswi SMPN 2 Kramatmulya, upacara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut terlihat penuh dengan penghayatan.

Tampil sebagai pengibar bendera yakni 3 siswi Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dari SMPN 2 Kramatmulya yang lokasi sekolahnya berada di Desa Cilaja.

Pengibaran bendera sendiri berlangsung sukses dan petugas hansip desa setempat langsung menutup jalan untuk sejenak memberikan penghormatan kepada Sang Shaka Merah Putih yang dikibarkan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Usai upacara berlangsung, kegiatan selanjutnya yang diprakarsai Karang Taruna Mekar Muda tersebut, yakni menggelar sejumlah lomba khas agustusan.

Diantaranya lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, memukul air di plastik, memasukkan benang ke jarum sambil berjalan, lomba panco dan juga balap karung.

Setelah istirahat sholat dzuhur, kegiatan dilanjutkan dengan panjat pinag dengan memperebutkan beragamn hadiah dengan ditonton ratusan warga setempat yang mengaku sangat terhibur dengan gelaran lomba-lomba agustusan tersebut.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dishub Kota Cirebon Kaji Lalu Lintas

“Ini merupakan kegiatan agustusan pertama dalam kepengurusan baru Karang Taruna Mekar Muda Desa Cilaja yang baru saja terbentuk,” kata Sekretaris Karang Taruna Mekar Muda, Eri Suhati, Rabu (17/08).

Disebutkan, Karang Taruna dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 serta dalam rangka menyambut Hari Jadi Kuningan ke-518 akan melaksanakan agenda sebagai berikutnya.

Diantaranya lomba futsal, lomba cerdas cermat tingkat pelajar SD kelas 4-6 antar kampung, lomba adzan, lomba pidato soekarno, lomba bulu tangkis, lomba kebersihan lingkungan antar kampung dan lain sebagainya. (Ipay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed