oleh

Vaksin Booster Mulai Diberikan Pekan Depan

Citrust.id – Pemberian vaksin booster di Kota Cirebon dijadwalkan mulai pekan depan. Vaksin booster diberikan untuk orang-orang yang bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang setiap harinya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto, mengatakan, pemberian vaksin booster di Kota Cirebon rencananya mulai 17 Januari. Sasaran pertama adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri, wartawan, serta profesi lain yang bekerja di bidang layanan publik.

Dikatakan Edy, vaksin booster untuk pekerja di bidang layanan publik dibutuhkan. Mereka rentan terpapar karena bertemu dan berkomunikasi dengan ratusan orang setiap hari. Mereka harus diproteksi dengan vaksin booster.

“Jenis vaksin booster bisa Moderna, Pfizer, Astrazeneca dan lainnya. Stoknya aman. Kami sudah minta ke pemprov,” jelas Edy, Senin (10/1).

Edy menambahkan, saat ini Kota Cirebon sudah mendekati herd immunity atau kekebalan kelompok. Sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu. Kekebalan kelompok terbentuk saat jumlah vaksinasi Covid-19 sudah di atas 70 persen ditambah penyintas.

“Kita sudah lebih. Jumlah penyintas ada 13.600 orang. Dengan demikian, terbentuklah kekebalan kelompok. Selain itu, saat ini tidak pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit,” paparnya. (Haris)

 

Komentar