oleh

Uniknya Wisata Budaya Nyiramkeun Pusaka di Desa Nunuk Baru

Citrust.id – Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, menggelar acara Nyiramkeun Pusaka yang diikuti ribuan warga desa setempat dan tamu undangan, Kamis (10/10).

Menurut Kepala Desa Nunuk Baru, Nono Sutrisno, rangkaian kegiatan Nyiramkeun Pusaka diawali pengambilan air suci, pawai obor, dan selawat nabi. Setelah itu penyimpanan air suci, ziarah dan doa bersama (guar bumi), penyiraman pusaka diakhiri dengan ramah tamah.

“Acara diawali tadi malam dengan pawai obor mapag air keramat dari lokasi mata air Cileuweung diikuti kurang lebih 200 peserta. Setelah itu dilanjutkan penyimpanan air keramat di Makam Kosambi dan doa bersama.

Nono mengungkapkan, hari ini acara diawali Guar Bumi, yaitu ziarah ke makam Panguyangan Gede dilanjutkan kirab atau ngarak Pusaka dari Makam Kosambi menuju lokasi penyiraman di alun-alun Desa.

“Kemudian dilakukan proses penyiraman pusaka dan mengembalikan pusaka ke museum di Makam Kosambi dan diakhiri doa bersama di alun-alun desa,” jelasnya.

Dalam Guar Bumi ada berdoa menurut ajaran Islam di makam leluhur dengan membawa tumpeng dan makanan khas lainnya yang kemudian dimakan bersama dan dibagikan kepada warga dan pengunjung. Ritual adat menyedot banyak pengunjung, baik wisatawan lokal maupun daerah.

Salah seorang pengunjung, Tata, mengaku sangat apresiasi acara Sunda Buhun yang digelar Desa Nunuk Baru. Ia bersama teman-temannya sengaja datang untuk menonton.

“Acaranya keren banget dan bisa dijadikan destinasi wisata Budaya Majalengka untuk menarik minat kunjungan turis,” jelasnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Kapolres Majalengka akan Tindak Tegas Anggotanya yang Main Proyek

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed