oleh

Tiga Calon Kades Cidenok Ikuti Pengundian Nomor Urut

Citrust.id – Pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka memasuki tahap paling krusial.

Panitia Pilkades Cidenok menggelar rapat pleno terbuka penetapan calon kepala desa dan pengundian nomor urut calon di balai desa setempat, Minggu (6/10).

Pilkades serentak di Desa Cidenok tahunini diikuti tiga calon, yakni Karsono dari Blok Selasa yang juga mantan kades, Yos Sudarsono dari Blok Kamis mantan raksabumi dan satpam, serta Maman Suparman dari Blok Rabu Salah seorang pengusaha kelontong pesaing baru. Ketiga calon akan berkompetisi dalam ajang Pilkades serentak bersama 141 desa lain di Kabupaten Majalengka.

Camat Sumberjaya, Oman Suratman, mengatakan, hari ini merupakan tahapan penetapan, dari bakal calon menjadi calon kepala desa serta pengundian nomor urut calon kades yang akan dicantumkan pada kartu suara.

Setelah ditetapkan menjadi calon kades, ada aturan yang harus ditaati oleh para calon. Semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia.

“Panitia harus melaksanakan tahapan demi tahapan pilkades secara profesional,” kata Oman.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Pilkades, Asiman. Menurutnya, pemilihan adalah hak setiap warga untuk memilih pimpinannya.

“Hal penting yang harus diperhatikan, sambutlah pesta demokrasi Pilkades ini dengan gembira. Siapapun nanti yang terpilih, mari kita dukung,” paparnya.

Sebelum pengundian nomor urut dan penetapan, Asiman membacakan berita acara penetapan bakal calon kades menjadi calon kades dilanjutkan penjelasan teknis tahapan pengundian nomor urut.

Dijelaskannya, mekanisme pengundian ada 2 segmen, yaitu pengambilan nomor undi yang dilakukan oleh para istri bakal calon dan pengambilan nomor urut dilakukan oleh masing-masing calon.

Hasilnya, Yos Sudarsono mendapat nomor 1, Maman Suparman nomor urut 2, dan Karsono nomor urut 3.

BACA JUGA:   RedBox Barbershop Perkenalkan Paket Perawatan Rambut Terbaru

Setelah undian nomor urut selesai dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan bersama untuk menjaga kekondusifilan, keamanan dan ketertiban Desa Cidenok dengan kampanye damai.

Salah satu calon kepala desa Cidenok nomor urut 2, Maman Suparman, sangat mengapresiasi kinerja panitia pilkades Cidenok beserta pemerintah desa, muspika Sumberjaya.

“Kami selalu mengikuti arahan maupun aturan yang telah ditentukan panitia demi terciptanya pilkades yang aman, damai dan sejuk,” katanya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed