oleh

Tenggelam adalah Penyebab Utama Kematian pada Anak

Ilustrasi

CIREBON (CT) –  Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tenggelam berada di posisi pertama penyebab utama kematian anak di bawah 15 tahun di 48 dari 85 negara yang telah disurvei. Anak-anak yang beresiko tersebut cenderung tinggal di dekat sumber air terbuka, seperti selokan, kolam, saluran irigasi atau kolam.

Survei Regional menunjukkan bahwa tenggelam bertanggungjawab atas kehidupan setidaknya satu anak setiap 15 menit di Asia. Di tengah puncak musim panas dan selama musim hujan dan banjir, anak-anak di Asia sangat rentan.

Aliansi Safe Children yang berbasis di Asia mengatakan jumlah anak-anak tenggelam di negara berkembang 10 sampai 20 kali lebih tinggi dibandingkan di negara-negara industri.

Menurut survei Aliansi, Bangladesh mencatat tingkat tertinggi tenggelam anak hampir 17.000 dalam setahun, diikuti oleh Vietnam lebih dari 11.500 anak, dan Thailand 2.600 anak binasa setiap tahun.

Organisasi Kesehatan Dunia menyerukan negara-negara untuk mempromosikan keterampilan keselamatan air dan kelangsungan hidup seluruh wilayah. Mereka mengatakan bahwa tindakan harus mencakup menginstal hambatan untuk mengontrol akses ke air, menyediakan fasilitas penitipan anak yang aman jauh dari air (untuk anak-anak pra-sekolah) dan mengajarkan keterampilan keselamatan air dan penyelamatan pada mereka. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kecamatan Malausma Juara Umum MTQ Majalengka

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed