oleh

Sungai Cikasarung Meluap, 500 Rumah di Majalengka Terendam Banjir

MAJALENGKA (CT) – Akibat luapan Sungai Cikasarung dan hujan yang mengguyur wilayah Majalengka dari sore hingga Selasa (23/12) dini hari mengakibatkan tiga desa terendam banjir setinggi hampir satu setengah meter.

Tiga desa yang mengalami banjir tersebut adalah Desa Dawuan Kecamatan Dawuan, Desa Pagandon dan Desa Kadipaten Kecamatan Kadipaten.

“Hujan yang terus mengguyur dari sore hingga malam hari membuat banjir dan banjir baru menyusut dan kering pagi hari Selasa 23 Desember,” kata Ano Sumarno Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka saat ditemui di lokasi banjir, Selasa (23/12).

Ano mengatakan akibat luapan air Sungai Cikasarung dan Sungai Ciputis yang tidak mampu menahan tingginya volume air yang datang, mengakibatkan banjir setinggi satu meter lebih dan merendam 500 rumah di tiga desa tersebut.

“Air banjir bahkan menggenangi hingga masuk ke rumah warga dan baru surut mulai jam 3 pagi,” ungkapnya.

Ia mengatakan Tim Penanggulangan Bencana Daerah BPBD langsung membantu memindahkan barang-barang dan mengevakuasi warga yang terkena banjir.

“Kami juga memberikan bantuan logistik sebagai upaya penanggulangan serta membersihkan sisa-sisa banjir dibantu ratusan warga dan membersihkan saluran air agar air mengalir dan cepat kering,” kata Ano. (CT-110)

BACA JUGA:   Prodia Berkomitmen Putus Mata Rantai Thalassemia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed