oleh

Sinergi Dengan Dinkes, BPJS Kesehatan Cirebon Evaluasi KBK Puskesmas

Citrust.id – Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada tahun 2019, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon melakukan pertemuan pembahasan dan evaluasi terkait pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Pelayanan di Puskesmas kepada Dinas Kesehatan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Senin (14/1/2019).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Ansharuddin, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Ridha Mugiar serta Kepala Dinas Kesehatan dan beberapa perwakilan Dinas Kesehatan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

Dalam pertemuan tersebut, Ansharuddin menjelaskan, pembahasan dan evaluasi terkait pelaksanaan KBK merupakan pertemuan rutin yang membahas mengenai perkembangan kinerja Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) setiap bulannya. Ada 3 indikator yang menjadi dasar dari penilaian KBK itu sendiri, yaitu angka kontak, jumlah peserta prolanis yang rutin berkunjung serta rasio rujukan rawat jalan nonspesialistik.

Di Wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cirebon sendiri terdapat 428 FKTP yang terdiri dari 168 Puskesmas. Dengan demikian, Dinas Kesehatan memiliki peran yang sangat penting karena Puskesmas berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dinas Kesehatan masing-masing. Oleh karenanya, BPJS Kesehatan perlu melakukan koordinasi dan evaluasi pelaksanaan KBK di Puskesmas kepada Dinas Kesehatan.

“Kami ingin peserta JKN-KIS merasa puas ketika mendapat pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Oleh karenanya, kami secara rutin terus berkoordinasi dan melakukan evaluasi kepada seluruh FKTP,” ungkap Ansharuddin.

Ansharuddin berharap, ke depan Puskesmas sebagai salah satu FKTP yang merupakan tombak dalam pelayanan kesehatan sekaligus sebagai gate keeper atau kontak pertama dari Peserta JKN-KIS dalam pelayanan kesehatan di masyarakat terus meningkatkan kompetensi, baik SDM maupun sarana dalam mendukung sistem KBK itu.

BACA JUGA:   Polres Majalengka Adakan Diklat Patroli Keamanan Sekolah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik pertemuan dan evaluasi yang telah dilaksanakan. Dirinya berharap dapat terus bersinergi dalam menyukseskan penyelenggaraan Program JKN-KIS.

“Dinas Kesehatan siap memfasilitasi segala kebutuhan dan membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi oleh FKTP di lapangan. Bagi Puskesmas yang mempunyai penilaian KBK belum optimal akan dilakukan evaluasi agar dapat termotivasi dan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS sesuai komitmen yang telah disepakat,” pungkas Edy Sugiarto. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed