oleh

Ratusan Siswa SD Sampai SMA Ikuti Olimpiade MIPA di Grage City

CIREBON (CT) – Sebanyak 700 siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolam Menengah Pertama (SMP) se-kota Cirebon, mengikuti Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang diselenggarakan Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) TRIDAYA, Minggu (23/11), di Grage City Mall.

Manager Kurikulum TRIDAYA, Dwi Kusumawardani mengatakan, event tersebut merupakan wadah pengembangan dan penyaluran minat prestasi pelajar di kota Cirebon, khusunya. “Kami banyak diberitahukan oleh sekolah-sekolah di kota Cirebon bahwa banyak sekali pelajar yang berprestasi. Untuk itu, melalui ajang kompetisi ini, kami memfasilitasi anak-anak guna memiliki portofolio sebagai target pencapaian prestasi mereka di segala bidang,” katanya kepada CT, Minggu (23/11).

Ia menuturkan, minat yang besar dan dukungan para orangtua juga menjadi faktor utama yang penting dalam menentukan prestasi anak. “Ajang kompetisi prestasi ini juga sebagai motivasi lebih untuk mereka (baca: pelajar) agar lebih giat belajar untuk meningkatkan prestasi dan atau mempertahankan prestasinya,” tutur Dwi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Dwi mengungkapkan, antusias anak-anak dalam belajar dan meraih prestasi juga dibuktikan dengan banyaknya keinginan mereka untuk mengikuti pelajaran tambahan di  luar jam belajar sekolah, dan Bimbel menjadi kebutuhannya. “Untuk itu, di sini TRIDAYA bimbel juga mengenalkan dan membuktikan kepada masyarakat bahwa lembaga bimbingan belajar kami unggul di antara yang lain. Dengan program belajar yang berbeda dan tentunya akan membuat anak-anak semakin giat belajar,” ungkapnya.

Untuk kriteria penilaiannya, tambah Dwi, dari babak penyisihan di awal akan di ambil 3 terbaik untuk kemudian di seleksi lagi di babak final. “Di final nanti, peserta tidak lagi mengerjakan soal dalam kertas namun diuji secara lisan dan presentasi. Ini sebagai bukti pengujian performa terbaik mereka,” tambahnya.

Dwi berharap, melalui ajang kompetisi prestasi ini, prestasi para pelajar di Cirebon akan menyaingi kota-kota lainnya. “Ke depan, para pelajar kota Cirebon juga tidak kalah hebat prestasinya dengan pelajar di kota lain” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Olimpiade MIPA, Nasywa Callista dari SD Kartini V mengaku, keikutsertaaanya dalam kegiatan ini, untuk mengasah dan berlatih kemampuannya dalam bidang Matematika dan IPA. “Saya ingin kegiatan seperti ini sering digelar di Kota Cirebon, agar menjadi ajang latihan para siswa siswi,” ucapnya.

Olimpade ini memperebutkan piala tetap Walikota Cirebon, dan setiap peserta yang juara juga di berikan uang pembinaan. Untuk tingkatan SD dan SMP juara pertama mendapatkan uang tunai Rp 1.800.000, juara dua Rp 1.000.000 dan Juara tiga Rp 700.000. Sementara untuk tingkat SMA hadiah Rp  850.000. (CT-108)

Komentar

News Feed