oleh

Ratusan Kantong Darah di Kabupaten Cirebon Dipasok dari Luar Daerah

Cirebontrust.com – Kebutuhan kantong darah di Kabupaten Cirebon belum mencukupi. Bahkan, kebutuhan setiap bulannya, PMI Kabupaten Cirebon masih dipasok dari Kabupaten Majalengka dan Kota Bandung.

Setiap bulannya PMI Kabupaten Cirebon meminta 500 bahkan sampai 1000 kantong darah dari Majalengka dan Bandung untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Cirebon.

Bidang Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Kabupaten Cirebon, Ade Herdiyana mengatakan PMI Kabupaten Cirebon membutuhkan 3500-4000 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Cirebon.

“Kebutuhan kantong darah kita banyak, sedangkan persediaan belum mencukupi. Untuk memenuhi kebutuhan stok darah kita minta dari Majalengka dan Bandung sampai 500 kantong darah,” kata Ade.

Menurut Ade, stok darah di Majalengka dan Bandung sangat melimpah. Berbanding terbalik dengan Kabupaten Cirebon yang masih kekurangan kantong darah. Meskipun begitu, Ade memastikan stok darah di PMI Kabupaten Cirebon masih normal.

“Memang sempat kekurangan dua minggu sebelum dan setelah Idulfitri. Tapi sekarang stok darah semua golongan normal,” ungkapnya.

Kekurangan darah di Kabupaten Cirebon direspons Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon. Dishub Kabupaten Cirebon bahkan menganjurkan kepada jajaranya untuk rutin donor darah tiga bulan sekali. Kepala Dishub Kabupaten Cirebon, Abraham Muhammad berkomitmen untuk terus melakukan donor darah secara rutin.

“Sejak saya di Dishub saya anjurkan untuk donor darah kepada anggota. Selain untuk kesehatan kami juga ingin membantu memenuhi stok darah di Kabupaten Cirebon dengan donor darah rutin tiga bulan sekali,” kata Abraham. (Iskandar)

BACA JUGA:   Majelis Rasulullah SAW dan Suporter Sepak Bola Adakan Pengajian Bersama

Komentar

News Feed