oleh

Rasakan Manfaat Luar Biasa, Casmen Syukuri Program JKN-KIS

Citrust.id – Lebih dari lima tahun penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat telah berjalan. Telah banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya Program yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Salah satunya adalah Casmen (54).

Casmen merupakan Peserta JKN-KIS yang berasal dari Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu. Ia terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS segmentasi Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya di bayarkan oleh pemerintah. Casmen dan suaminya bekerja sebagai petani.

“Kami sekeluarga dapat kartu ini sudah lama, sejak awal tahun 2014. Anak-anaknjuga dapat,” ujarnya, Kamis (28/11).

Baru-baru ini, Casmen menggunakan kartu JKN-KIS di Klinik Utama Jantung Hasna Medika, Indramayu. Ia merasa bersyukur karena ia tidak perlu khawatir akan biaya yang ia keluarkan selama berobat di klinik itu. Seluruh biaya pengobatannya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan dikarenakan telah sesuai prosedur pelayanan.

“Bulan lalu, saya membantu suami panen padi lalu kecapekan. Kata dokter, saya harus dirawat di sini karena ada pembengkakan jantung. Alhamdulillah, dokter dan perawat di sini baik. Ruangannya pun nyaman. Selain itu, tidak ada perbedaan perlakuan antarpasien.

Casmen merasakan hal yang berbeda sebelum memiliki kartu JKN-KIS. Setelah memilikinya, Casmen tidak khawatir lagi apabila ia dan keluarganya membutuhkan pelayanan Kesehatan.

“Dulu takut jika kami sakit, pasti biayanya besar. Sejak punya kartu, kami tidak khawatir lagi,” tuturnya.

Casmen berterima kasih kepada pemerintah karena ia merupakan satu dari 96 juta penduduk tidak mampu yang iuran JKN-KIS-nya ditanggung oleh negara melalui APBN. Ia berharap Program JKN-KIS dapat terus hadir memberikan jaminan Kesehatan bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan.

“Semoga ke depan pelayanannya semakin baik. Kami bersyukur pemerintah dan BPJS Kesehatan sudah banyak membantu kami,” ucapnya. (*)

BACA JUGA:   Berdampak Positif untuk Kemajuan Kota Cirebon, DPRD Segera Kaji Permohonan Hibah untuk YPSGJ

Komentar

News Feed