oleh

Rangkaian Siraman Panjang Jimat Berlangsung Khidmat

Cirebontrust.com – Rangkaian acara siraman panjang jimat, yang digelar di Keraton Kasepuhan berjalan khidmat. Sultan Sepuh XIV Kesultanan Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mempimpin langsung jalannya acara siraman dengan didampingi puluhan abdi dalem di Keputren Komplek Keraton Kasepuhan Cirebon, Selasa(06/12).

Acara yang digelar oleh Keraton Kasepuhan tersebut, merupakan salah satu dari rangkaian acara peringatan Maulid atau masyarakat Cirebon biasa sebut Muludan.

Upacara siraman panjang jimat disambut antusias oleh ratusan warga yang memadati sebagian area Keraton Kasepuhan.

PRA Arief Natadiningrat menyatakan, rangkaian upacara siraman panjang Jimat, yakni dicucinya 9 piring wali songo dan 4 piring pengiring serta 2 guji dan 2 gelas yang semuanya merupakan peninggalan Wali Songo dengan usia hampir 700 tahun.

“Semuanya disimpan di kamar pusaka, akan dimandikan setiap setahun sekali yaitu setiap tanggal 5 Maulid,” jelas Sultan Arief Natadiningrat.

Dirinya menambahkan, benda pusaka yang dicuci akan dipakai untuk acara panjang jimat yang jatuh pada hari, Senin (12/16) mendatang.

Cara yang digelar mulai siang itu terlihat mendapatkan perhatian warga, mereka rela berdesakan untuk mendapatkan air bekas cucian benda pusaka tersebut, dipercaya akan membawa berkah kesehatan dan keselamatan.

PRA Arief Natadiningrat, dihadapan masyarakat dirinya meminta doa restu, agar dilancarkan semua acara yang telah direncanakan dan senantiasa mendapatkan barokah dari Allah SWT. (Fariz)

BACA JUGA:   Peringati Maulid Nabi, Warga Kawunggirang Gelar Festival Gebrag Ancak

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed