oleh

Puluhan Pehobi Ketangkasan Burung Merpati Isi Liburan Berlatih Bersama

Kuningantrust.com – Sedikitnya 60 peserta penghobi burung merpati tangkas, mengikuti latihan bersama di arena merpati kolong, di daerah lingkungan Lebak Kardin, Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan ini resmi, untuk meningkatkan peminat dan pehobi burung merpati yang tangkas. Sebab, melihat dari unsur kompetisi, burung merpati ini memiliki dua kategori. Di antarnya, kompetisi balap merpati dasar dan ada burung merpati ketangkasan alias kolongan,” ungkap, H. Ade Petruk yang juga Pembina Penggemar Merpati Tinggian Indonesia (PMTI) Kuningan melalui Ketua Paguyuban PMTI Kabupaten Kuningan, Delly Sukma saat ditemui di lokasi latihan.

Kegiatan adu ketangkasan merpati, kata Delly sudah memasyarakat di setiap daerah kuningan. Pasalnya, dalam beberapa waktu tertentu, ada perwakilan dari kuningan yang ikut dalam kejurnas PMTI.

“Selain hiburan, kegiatan ini mendorong penggemar untuk lebih apik dalam merawat burung merpatinya. Dan jangan salah, burung merpati ini, bukan jenis burung merpati yang dapat mengirim surat atau dulu dikenal dengan pos merpati, melainkan burung merpati ini burung yang memiliki ketepatan dan kecepatan saat menghadap merpati betinanya,“ terang Delly kepada awak media.

Kompetisi yang digelarnya, ucap Delly merupakan ajang silaturahmi bagi para penggemar di tiap daerah. Pesertanya, lanjutnya datang dari tiap daerah se-kuningan. Mengenai teknik kompetisi merpati kolongan, itu berjarak sekitar tiga kilometeran.

“Sepasang merpati yang sudah keket (sehati) itu diambil jantannya, diterbangkan di pacuan kuda,” papar Delly. (Ipay)

BACA JUGA:   Terduga Teroris di Kalijaga Permai Ditangkap Saat Kendarai Motor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed