oleh

PT KAI Miliki Kereta Kesehatan Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Indonesia baru saja memiliki kereta kesehatan atau rail clinic pertama dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta kesehatan ini secara resmi merupakan kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Peluncuran kereta kesehatan ini diresmikan oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro sekaligus mendapatkan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) oleh pendiri sekaligus Ketua MURI, Jaya Suprana kepada PT KAI atas keberhasilannya merancang kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Pembuatan Rail Clinic dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Untuk kemudahan dalam operasinya, diperlukan kereta yang tak tergantung lokomotif sehingga pengaturan operasional Rail Clinic dapat lebih leluasa. Oleh karena itu armada yang digunakan oleh tim Balai Yasa untuk pembuatan Rail Clinic adalah dengan retrofit kereta rel diesel (KRD). Rail Clinic ini juga dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan.

Dengan adanya Rail Clinic ini, diharapkan dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah bencana atau daerah-daerah yang tak terjangkau oleh kendaraan bermotor. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pemkab Majalengka Raih Dua Penghargaan Pelayanan Publik dari Mendagri

Komentar

News Feed