oleh

Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi Hendaknya Disesuaikan dengan Minat

CIREBON (CT) – Lebih dari seribu siswa sekolah setingkat SMA se-Kota dan Kabupaten Cirebon, memadati gedung Bagas Raya, Kedawung, Cirebon untuk mengikuti Gawarebon Goes to School (GGTS) tahun 2016, Minggu (07/02).

Acara yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Cirebon Universitas Padjadjaran (Gawarebon) itu, terdiri dari simulasi atau pembahasan soal-soal terkait Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), seminar motivasi dan talkshow.

Ketua Pelaksana GGTS 2016, Saddam Ali mengatakan acara tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi dan pencerahan bagi siswa sekolah, agar mau dan semangat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sesi acara seminar motivasi menghadirkan Dosen Fisip Unpad, Slamet Usman Ismanto dan mahasiswa Unpad berprestasi, Dion Nugraha.

Dijelaskan Saddam, melalui acara itu juga pihaknya ingin mengubah paradigma bahwa masuk ke perguruan tinggi itu sulit. Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi itu memang ada tahap-tahap yang harus dijalani.

“Modal awalnya selain niat juga harus disertai semangat,” katanya.

Bagi siswa yang dirasa kurang mampu di segi biaya, masuk ke perguruan tinggi bisa melalui jalur program keringanan biaya. Misal program Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besaran biaya kuliahnya disesuaikan dengan besaran penghasilan orang tua.

Ada juga program beasiswa. Saat ini beasiswa di perguruan tinggi banyak macamnya, salahsatunya adalah beasiswa Bidik Misi. Jenis beasiswa ini menyasar mahasiswa berprestasi. Selain tanpa dibebani biaya UKT, penerima beasiswa Bidik Misi juga mendapat uang saku tiap bulan sebesar Rp. 600 ribu.

Saddam juga berpesan bagi siswa sekolah yang ingin melanjutkan agar tetap jaga motivasi dan semangat. Selain itu, dalam menentukan jurusan, hendaknya pilihlah yang sesuai dengan minat dan keinginan.

“Jangan lupa mohon doa restu dari orang tua,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed