oleh

Permudah Akses Wisatawan, Pemkab Cirebon Bangun Jalan Menuju Batu Lawang

Cirebontrust.com – Akses jalan menuju “surga yang tersembunyi” di Kabupaten Cirebon, yakni objek wisata “Batu Lawang” yang terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol akan segera dibangun.

Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam waktu dekat ini akan segera membuka akses jalan untuk mempersingkat waktu menuju batu lawang. Pasalnya selama ini akses menuju batu lawang harus menempuh jarak yang jauh, bahkan harus melewati Desa Paningkiran, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka.

Dua desa termasuk Kabupaten Cirebon yang harus melalui Kabupaten Majalengka ini adalah Desa Cupang dan Desa Walahar. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, H Hartono mengatakan, akses jalan ini akan dibuka melalui jalan depan RS Sumber Waras yang berada di Kecamatan Ciwaringin.

“Ada jalan setapak itu akan dilebarkan,” ujar H. Hartono, Selasa (25/04).

Hartono menambahkan, objek wisata Batu Lawang kini sudah cukup dikenal, setiap akhir pekan suasana di lokasi pun sangat ramai.

“Pemkab Cirebon ingin Batu Lawang terus dikenal, makanya harus ada tindakan. Masa iya untuk akses masuk harus dari jalan Majalengka dulu,” katanya.

Menurutnya, lahan yang berada depan RS Sumber Waras merupakan lahan milik Perhutani, sehingga jika harus ada pembebasan lahan maka Pemkab Cirebon akan melakukan koordinasi dengan Perhutani.

“Biasanya kan kalau kita berhadapan dengan masyarakat kadang sulit saat harus melakukan pembebasan lahan, namun lahan yang berada depan RS Sumber Waras itu merupakan lahan milik Perhutani, jadi nanti kita koordinasi dengan Perhutani,” katanya.

Jika akses jalan ini dibuka, menurutnya, maka jarak menuju Batu Lawang dari arah Cirebon cukup dekat. (Iskandar)

Komentar

News Feed