oleh

Penyebab Sungai Coberes Meluap karena sejak 26 Tahun tak Pernah Dikeruk

CIREBON (CT) – Penyebab banjir yang menenggelamkan ratusan rumah di dua kecamatan, yakni Waled dan Gebang, Kabupaten Cirebon. Hal itu, akibat terjadinya pendangkalan dan penyempitan Sungai Ciberes, sehingga air banjir kiriman dari Kabupaten Kuningan meluap dan masuk kepemukiman warga disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciberes, Selasa (24/05).

“Sungai Ciberes sudah 26 tahun tidak dikeruk. Akibatnya sungai semakin dangkal dan menyempit. Selama saya tinggal di Gebang, kayaknya banjir kali ini yang paling parah‎,” ungkap Subandi, Kaur Umum, Desa Gebangilir, Kecamatan Gebang, saat ditemui di kantor desa tersebut.

Subandi mengungkapkan, Sungai Ciberes yang mengaliri Desa Gebangilir, yakni sepanjang 1 kilo meter. Itu meliputi, Blok Karangdogolan hingga Karadenan Desa Gebangilir, yang memang pada saat banjir kemarin wilayah yang paling parah.

“Ada120 rumah yang terendam di Blok Karangdogolan, Karadenan, dan ‎Kaligelang, ketinggian air rata-rata diatas lutut orang dewasa. Saya harap secepatnya dikeruk,” pungkasnya. (Riky Sonia)

BACA JUGA:   AKP Budi Hartono Jadi Kapolsek Bantarujeg

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed