oleh

Pengawas Pemilu Harus Tetap Jaga Integritas

Citrust.id – Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, Bawaslu Kabupaten Majalengka melaksanakan Upacara HUT ke-74 RI di halaman kantor Bawaslu, Sabtu (17/8/2019).

Upacara itu sebagai bentuk penanaman spirit kemerdekaan yang harus terfleksi di tengah jajaran pengawas pemilu. Pengawasan pemilihan umum merupakan amanat luhur dalam mengawal demokrasi yang maju bagi bangsa Indonesia.

Dalam amanatnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka H. Agus Asri Sabana, menyampaikan, organisasi pengawas pemilu membutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia dari jajaran pimpinan dan sekretariat bawaslu yang berintegritas dan profesianal. Integritas adalah syarat utama dari karakter SDM Bawaslu. Mengutip kata Bung Hatta, kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, tidak jujur sulit diperbaiki.

Apabila sumber daya manusia kita kurang cerdas, maka kita haruskan belajar. Apabila sumber daya manusia kita kurang cakap, maka kita tingkatkan dalam pengalaman. Mari tingkatkan pengawasan pemilu dan penegakan hukum pemilu. Apabila sumber daya manusia Bawaslu tidak jujur, kita akan sulit memperbaiki, bahkan akan merusak demokrasi,” tegasnya.

Ia menambahkan, pada 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Bangsa Indonesia telah melalui episode perjalanan demokrasi yang makin menantang untuk berkemajuan. Pemilihan umum serentak tahun 2019 telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan sukses.

“Meskipun banyak kendala yang kita temui dalam pelaksanaan tugas sebagai pengawas pemilu, tapi tidak menyudutkan semangat kita untuk memastikan penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil dan demokratis,” ujar Agus Asri. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed