oleh

Pembangunan Infrastruktur Bantu Pulihkan Ekonomi Desa yang Terdampak Pandemi Covid-19

Citrust.id – Pemerintah Kabupaten Majalengka melakukan sosialisasi fasilitas pembangunan infrastruktur desa tahun 2021, Rabu (2/6). Sosialisasi dibagi menjadi tiga tim. Bupati Karna Sobahi di Desa Talaga Wetan dan Sukasari Kaler. Wakil Bupati, Tarsono D. Mardiana, di Desa Cidulang dan Cimanggu Hilir. Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) di desa Cigaleuh dan Werasari, Kecamatan Malausma.

Karna Sobahi mengatakan, Pemkab Majalengka telah menggulirkan program pembangunan infrastruktur desa melalui program padat karya. Sasarannya adalah peningkatan pembangunan desa, dan membuka lapangan kerja sekaligus meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur desa melalui program padat karya sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Menurut Karna, untuk keberlangsungan pembangunan di desa, pemerintah fokus menjadikan desa sebagai sentra utama pembangunan. Program padat karya infrastruktur itu diharapkan dilakukan oleh pemerintah desa secara swakelola. Hal itu membantu pemerataan pembangunan dan hasilnya membangun infrastruktur serta menciptakan peluang serta lapangan kerja baru.

“Sasaran kegiatan ini adalah pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat. Tujuannya memberdayakan masyarakat dan mengembangkan perekonomian yang ada di desa tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Majalengka, Hendra Krisniawan, mengatakan, tahun ini, ada tujuh desa yang mendapatkan program infrakstruktur padat karya. Anggarannya Rp150 juta perdesa. Kegiatan yang dilakukan secara swakelola oleh masyarakat desa tersebut diperuntukkan untuk pembangunan.

“Program ini merupakan pembangunan dan rehabilitasi berbagai sarana-prasarana pedesaan sesuai dengan daftar kebutuhan desa,” tandasnya. (Abduh)

 

Komentar

News Feed