oleh

Peduli Lingkungan, KAI Daop 3 Cirebon Tanam 122 Pohon

Citrust.id – Bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia, PT KAI Daop 3 Cirebon mengadakan aksi penanaman 122 pohon di lingkungan Stasiun Cirebon Prujakan, Kamis (21/11).

Kegiatan yang dipimpin Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, itu dihadiri perwakilan Pemerintah Kota Cirebon, Kodim, Polres, dan WWF Indonesia.

Tamsil Nurhamedi, menjelaskan, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian PT KAI terhadap kelestarian alam sekaligus menjaga lingkungan stasiun menjadi bersih, asri, dan hijau. Adapun pohon yang ditanam adalah pohon matoa dan mangga gedong gincu.

“Kami sengaja menanam 122 pohon karena sesuai 122 tahun usia Stasiun Cirebon Prujakan,” ujarnya.

Dijelaskan Tamsil, Stasiun Cirebon Prujakan didirikan perusahaan swasta asal Belanda, Semarang-Cheribon Stoomstram Maatschappij (SCS) pada tahun 1897.

Stasiun itu telah melayani pengguna jasa KA selama 122 tahun. Stasiun Cirebon Prujakan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang terdaftar di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor PM.58/PW.007/MKP/2010.

Tamsil melanjutkan, penanaman dilakukan di lahan seluas kurang lebih 2 hektare. Letaknya di Taman Buah Prujakan, antara jalur KA dari arah Cirebon ke Purwokerto dan Cirebon ke Tegal.

“Harapannya, Taman Buah Stasiun Cirebon Prujakan dapat memberikan manfaat turut mengurangi polusi dan menjadi paru-paru bagi Kota Cirebon,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdullah Syukur, mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi aksi penanaman pohon oleh PT KAI Daop 3 Cirebon ini.

“Diharapkan Taman Buah Prujakan bisa menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru di Kota Cirebon,” ucapnya. (Haris)

BACA JUGA:   Hero Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Hadapan Penyuluh Pertanian

Komentar

News Feed