oleh

Pebisnis Harus Punya Pola Pikir Positif dan Sikap Mental yang Kuat

Citrust.id – Dalam berbisnis, hal yang paling krusial adalah merubah mindset atau pola pikir serta membangun sikap mental yang kuat.
Konsultan Bisnis, Public Speaker sekaligus Pengusaha, Gus Reza Syarief, menvungkapkan, dirinya tidak takut pedagang atau pengusaha tidak punya modal. Justru dirinya lebih takut ketika mereka punya modal besar dan baru menjalankan bisnis beberapa bulan lalu bangkrut.
“Hal itu disebabkan sikap mental yang miskin dalam berbisnis. Mereka tidak mengerti mengelola investasi yang baik,” katanya.
Pendiri Komisi Pemberantas Kemiskinan (KpeK) itu juga memberikan tips yang mudah bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis, yakni dengan pola duplikasi. Ikutlah bekerja dengan pebisnis atau pelaku usaha yang sudah berhasil menjalankan bisnisnya. Jadikan ia mentor. Pelajari tata cara kola dan sistem kerjanya lalu tiru.
“Itu paling gampang dan tanpa resiko. Pelaku usaha yang jadi mentor sudah mengalami resikonya. Kenapa kita harus mengakami hal yang sama? Trial and error alias coba-coba? Sama saja buang waktu,” ujarnya.
Selain itu, untuk membantu melejitkan omset bisnis bisa menggunakan jasa konsultan. Gus Reza yang akan memberikan seminar motivasi dan bisnis di Metland Hotel, Kota Cirebon, Sabtu (17/02) mendatang, mengungkapkan, ada tiga peran utama konsultan.
Pertama sebagai starter. Banyak orang yang enggan memulai bisnis dengan alasan keterbatasan modal. Bahkan, tidak jarang yang bingung dengan model bisnis yang akan dijalankan.
“Disitulah peran kosultan untuk memberikan motivasi dan konsultasi tentang bisnis yang akan dijalankan,” katanya.
Kedua, konsultan sebagai antikemapanan. Dikatakan Gus Reza, penyakit yang banyak dialami pengusaha ketika bisnisnya sudah maju adalah mandeknya inovasi. Konsultan berperan memberikan masukan tentang kreatifitas dan inovasi perusahaan.
Ketika perusahaan mengalami decline atau penurunan, regenerasi mandeg. Estafet bisnis tidak berjalan.
“Peran utama konsultan yang ketiga adalah memberikan arahan dan edukasi kepada pengusaha untuk membagi rahasia kesuksesan kepada generasi penerus,” pungkasnya. /haris
BACA JUGA:   Warga Tolak Proyek Galian Pasir di Luragung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed