oleh

Organda Cirebon: Tol Trans Jawa Berpotensi Hidupkan Bisnis Transportasi Darat

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Terus ditariknya tol Trans Jawa ke arah timur hingga Semarang pada 2018 mendatang, menurut Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) Cirebon berpotensi hidupkan bisnis usaha transportasi darat.

Tol yang kini hanya sampai Brebes Timur itu, rencananya akan ditarik dan diperpanjang hingga Surabaya. Sekretaris Organda Cirebon, Karsono mengungkapkan, dibuatnya tol akan meminimalisir biaya operasional angkutan darat. Hal itu membuat angkutan darat lebih hemat biaya dan berpotensi bisa bersaing dengan moda transportasi lain, semisal laut dan udara.

“Contohnya Jakarta-Bali dengan bus lebih mahal jika dibanding dengan pesawat terbang, hal itu terjadi karena biaya operasional bus masih lebih tinggi. Kalau lewat tol, lebih cepat, potensi kena macet lebih sedikit,” katanya.

Karsono mengungkapkan tingginya biaya operasional angkutan darat juga disumbang oleh masalah kemacetan yang kerap terjadi di jalur darat, dan hal itu akan diminimalisir jika ada akses Tol Trans Jawa.

“Kalau nanti ada akses Tol Trans Jawa, kami yakin bisnis transportasi bus lintas provinsi semakin menggeliat,” ujarnya. (Wilda)

BACA JUGA:   Pendapatan Daerah dari Retribusi Turun Terus, Apa Penyebabnya?

Komentar

News Feed