oleh

NASA Luncurkan Pesawat Robotika, Teliti ‘Asteroid Armageddon’ Penghancur Bumi

Ilustrasi

CIREBON (CT) –  Badan antariksa Amerika Serikat atau NASA berencana meluncurkan pesawat antariksa robotika untuk meneliti asteroid yang diyakini bisa menghantam Bumi di masa depan.

Layaknya film “Armageddon” garapan sutradara Michael Bay, asteroid bernama Bennu ini diprediksi bisa menghancurkan kehidupan di Bumi. Namun misi NASA tersebut tidak melibatkan awak manusia yang meluncur ke luar angkasa.

Asteroid bernama Bennu selama ini melintasi orbit Bumi setiap enam tahun sekali dan dilaporkan sudah semakin dekat sejak ia ditemukan pada 1999. Bennu memiliki ukuran diameter 487 meter dan bergerak di kecepatan 101 ribu kilometer per jam di sekitar Matahari. Pada 2135, Bennu diprediksi bakal terbang melintas antara Bulan dan Bumi, yang jaraknya sangat dekat berdasarkan ilmu antariksa.

Menurut profesor ilmu planet di Arizona University, Dante Lauretta, jarak tersebut sangat dekat sehingga gravitasi dari Bumi bisa mempengaruhi orbit Bennu. NASA akan meluncurkan pesawat robotika nirawak Osiris-Rex langsung menuju Bennu pada September mendatang.

Perjalanan Osiris-Rex bakal memakan waktu satu tahun mengorbit Matahari untuk meningkatkan kecepatannya sebelum ia ‘terlempar’ kembali ke sekitar Bumi menggunakan gaya gravitasi demi sejajar dengan orbitnya dan si asteroid. Jika berjalan lancar, Osiri-Rex akan ‘berkenalan’ dengan Bennu pada Agustus 2018. (Net/CT)

BACA JUGA:   Hengkang dari PDIP, Nasdem Berlabuh ke PPP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed