oleh

Mengenal Rumah Bersejarah Tempat Kelahiran Konglomerat yang Disebut Gedong Jangkung

Majalengkatrust.com – Warga Kabupaten Majalengka banyak yang mengetahui Gedong Jangkung, bangunan rumah bergaya klasik yang dibangun zaman era sebelum Indonesia merdeka yang terletak di Jalan KH Abdul Halim persis di depan Bank Danamon sekarang namun banyak yang hanya mengetahui dari luar saja tanpa tahu sejarah sebenarnya dari Gedong Jangkung.

Pemilik Gedong Neli Saleh ketika ditemui Majalengkatrust.com dan Grup Madjalengka Baheula mengatakan Gedung Jangkung dibangun awal 1900an sekitar tahun 1912, yang dibeli Ayahnya Saleh Bin Salim dari Pemilik Grup Sastra Wlliam Seorjajaya dan wasiat ayah 3 bulan sebelum meninggal Gedung Jangkung ini harus dipelihara.

“Dibeli dari keluarga pemilik Grup Astra William Soeryajaya. Ketika beli dari keluarga Astra masih ditempati oleh Kantor CPM TNI dan proses jual bulunya cukup rumit, akhirnya proses jual belinya dibantu Jenderal Poniman yang istrinya kebetulan orang Majalengka,” ungkap dia.

Di tempat yang sama H. Ali Saleh pemilik Gedong jangkung mengatakan keluarganya membeli rumah tersebut dari pemilik Grup Astra tahun 1960an setelah Indonesia merdeka.

“William Soeryajadja pendiri Grup Astra Internasional lahir di gedong jangkung ini namun saya tidak tahu di kamar yang mana, beliau menjual Gedong Jangkung ini sebelum pergi ke Belanda, “ungkap dia.

Sementara itu Ketua Grup Madjalengka Baheula (Grumala), dr. Andi Iman Wandi mengatakan Grup ini tujuannya menginventarisir benda-benda dan peninggalan sejarah jangan sampai hilang ditelan zaman.

“Selain inventarisir, mendokumentasikan, literasi dan publikasi, kita juga sedang menulis ulang sejarah Majalengka versi Grumala,”tukasnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Warga Gelar Guar Bumi di Patilasan Nyi Rambut Kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed