oleh

Memotong Apel Tanpa Khawatir Berwarna Coklat

CIREBON (CT) – Mengonsumsi apel memang baik untuk tubuh, tetapi jika memotong tanpa tahu caranya yang benar, apel akan berubah berwarna coklat. Agar tidak coklat, begini cara memotongnya seperti dilansir dari tipsiana.com.

Gunakan Air Jeruk, air jeruk mengandung asam sitrat, merupakan anti-oksidan yang efektif mencegah oksidasi. Anda dapat menggunakan perasan jeruk/lemon segar atau jus jeruk kemasan. Meskipun ini merupakan cara terbaik, tapi bila berlebih dapat menimbulkan rasa getir.

Gunakan Air Garam, garam adalah pengawet alami yang dapat mencegah apel menjadi coklat. Caranya dengan membuat larutan 1/2 sendok teh garam dilarutkan kedalam seliter air dingin. Rendam potongan apel selama 3-5 menit kemudian bilas dengan air dingin dan tiriskan. Jangan takut apel akan menjadi asin, selama garam yang diberikan tidak kebanyakan, tidak terlalu lama direndam dan langsung bilas dan ditiriskan, rasa apel tidak akan berubah.

Memakai Minuman Berkarbonasi, Minuman berkarbonasi mengandung asam sitrat yang dapat digunakan untuk mencegah apel menjadi coklat. Lemon-lime soda biasanya yang paling baik untuk digunakan. Rendam selama 3-5 menit, lalu bisa langsung dibilas dan ditiriskan.

Gunakan Penyegar Buah (Fruit-Fresh), fruit-fresh adalah bentuk bubuk sitrat dan askorbat asam yang dirancang khusus untuk mencegah buah menjadi coklat. Konon dapat mencegah buah dari kecoklatan hingga delapan jam, bahan ini dapat dibeli di supermarket. (Net/CT)

BACA JUGA:   Peringati HBI ke-70, Imigrasi Cirebon Bagikan Paspor Gratis

Komentar

News Feed