oleh

Mahasiswa Empat Negara Kunjungi STKIP Yasika Majalengka

Citrust.id – Empat mahasiswa asing dari empat negara yang tengah mengikuti program beasiswa pemerintah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berkunjung ke kampus STKIP Yasika Majalengka.

Kunjungan merekandalam rangka memperdalam bahasa Indonesia. Keempat mahasiswa asing itu, yakni Yuka Murayama asal Jepang mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia di Universitas Tokyo (University of Foreign Studies), Zheng Xiangwei asal Tiongkok mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia di Universitas Bahasa Asing Yuexiu Zhejing.

Selanjutnya Daniel Milan Cabrera asal Meksiko yang saat ini sedang menempuh pendidikan Pascasarjana (S-2) Jurusan Musik di UPI Bandung. Terakhir, Arailyan Ataibekoua asal Kazakhstan, karyawan Senior Manager Astona Expo 2017.

Dalam kunjungan itu, mereka berdialog dengan seluruh peserta bedah soal UNBK dan mengikuti langsung bedah soal dibimbing para dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) STKIP Yasika Majalengka.

Para mahasiswa yang dibimbing salah seorang pemegang program prasa Bahasa Indonesia UPI Bandung, Zuki, berkesempatan berdialog secara khusus dengan Ketua Dewan Pembina STKIP Yasika, Prof. Dr H Cecep Sumarna, dan para petinggi STKIP Yasika dan Akper YPIB Majalengka.

Pada pertemuan itu, mereka mengaku senang berada di tanah air karena berbagai kelebihan yang dimiliki Indonesia. Yuka Murayama yang mengaku sangat menyukai suasana Bandung, termasuk Majalengka dan Cirebon yang saat ini dikunjunginya.

“Saya sangat senang bisa berkunjung ke Majalengka dan bermalam di Cirebon yang cuacanya enak dan orang-orangnya ramah. Apalagi sekarang bisa berdialog dengan para siswa, mahasiswa,dan bapak-bapak, ibu-ibu dosen dan pimpinan STKIP Yasika dan Akper YPIB Majalengka,” ujar Yuma.

Ungkapan sama dikemukakan mahasiswa asal Kazakhstan, Arailym Ataibekua.

“Belajar Bahasa Indonesia langsung dengan pelajar, mahasiswa dan dosen-dosen asli Indonesia menyenangkan. Saya sangat suka berada di sini karena dapat menggali ilmu Bahasa Indonesia lebih dalam sekaligus menikmati indahnya alam Indonesia,”ujarnya.

BACA JUGA:   Anak Kampung Mbaca Antusias Belajar Alat Musik Tradisional

Ketua Dewan Pembina STKIP Yasika dan Akper YPIB Majalengka, Prof. Cecep Sumarna menyambut baik kunjungan empat mahasiswa asing ke kampusnya. Bahkan Prof. Cecep menawarkan kepada mahasiswa asal Jepang untuk bisa mengajar Bahasa Jepang di Akper YPIB karena secara kebetulan untuk penyaluran lulusan Akper YPIB di antaranya ke Jepang, sehingga cocok jika yang mengajari bahasa Jepang langsung orang asli Jepang.

“Kami di sini sangat senang menerima kunjungan saudara-saudara mahasiswa asal empat negara ke sini kampus kami STKIP Yasika dan Akper YPIB Majalengka,”katanya.

Hal itu, lanjut dia, akan menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan minat belajarnya dan para dosen guna meningkatkan kualitas pembelajarannya di sini. Kebetulan Akper YPIB Majalengka juga dalam hal penyaluran lulusannya kerjasama dengan Jepang.

Prof. Cecep juga bertukar pengalaman dengan empat mahasiswa asing tersebut, sebab Guru Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon itu sudah berkeliling dunia ke 45 negara, termasuk ke negara asal empat mahasiswa tersebut. Karena itu, Prof. Cecep sedikit banyaknya sudah mengetahui bagaimana budaya, bahasa dan berbagai hal yang ada di negara asal empat mahasiswa tersebut. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed