oleh

Libur Panjang dan “Muludan”, Jalur Pantura Karangampel-Cirebon Macet hingga 5 Kilometer

Cirebontrust.com – Liburan panjang bertepatan dengan maulid nabi Muhammad SAW, membuat jalur di kawasan Kompleks Makam Sunan Gununng Jati Cirebon macet, Senin (12/12).

Arus kendaraan dari arah Indramayu maupun sebaliknya, tesendat dengan banyaknya warga yang hendak mengikuti prosesi puncak maulud di Kompleks Makam Sunan Gunung Jati. Kemacetan di jalur pantura Karangampel-Cirebon ini mencapai lebih dari 5 kilometer.

Kemacetan dipeparah dengan banyaknya kendaraan angkutan yang menurunkan penumpang di tengah jalan, dan kendaraan pengunjung wisata religi yang parkir di bahu jalan. Kepadatan di jalur ini diperkirakan akan terjadi sore hingga malam nanti, usai puncak peringatan maulid nabi.

Banyak warga yang datang dari luar Cirebon seperti Subang, Indramayu  dan wilayah lainnya di Jawa Barat, yang hendak mengikuti upacara puncak maulid nabi di kompleks makam Sunan Gunung Jati.

Selain Gunung Jati, yang menjadi tujuan masyarakat untuk menghadiri prosesi puncak muludan yakni Keraton Kanoman, dan Keraton Kasepuhan serta Keraton Kacirebonan.

Seperti yang diungkapkan salah seorang warga yang akan ziarah ke Keraton Kasepuhan, Ahmadi, mangaku terjebak macet hingga berjam-jam.

“Saya kejebak macet mulai dari Celancang, mau ke Keraton Kasepuhan, mau ziarah sekalian ke acara muludan,” ujarnya.

Umumnya, warga datang bersama rombongan keluarga dan berharap tiba sore hari, sebelum prosesi puncak maulid dimulai. Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung, polisi dari Polsek Gunung Jati dan Kapetakan, terpaksa mengurangi kendaraan umum yang melintaas jalur ini, dengan cara memberlakukan sistem buka tutup jalur. (Sukirno Raharjo)

BACA JUGA:   Rehabilitasi Hutan dan Lahan Harus Libatkan Berbagai Pihak

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed